Akhir Tahun, Kota Bandung Punya 7 Sentra Keperawatan

0

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita meresmikan Sentra Keperawatan Cococive Care (Counseling, Collaboration, Comprehensive Care) di UPT Puskesmas Babakan Sari, Selasa (18/12/2018). Peresmian tersebut menambah jumlah sentra keperawatan yang tersebar di Puskesmas di Kota Bandung yang saat ini berjumlah 7 tempat.

Selain UPT Puskesmas Babakan Sari, sentra keperawatan di Kota Bandung ada di UPT Puskesmas Pasirkaliki, Kopo, Garuda, Griya Antapani, dan Pasundan. Dengan adanya sentra keperawatan, masyarakat bisa melakukan konsultasi bersama perawat serta pemeriksaan komprehensif terkait kondisi kesehatannya.

“Sentra keperawatan ini penting karena ini menjadi wahana kolaborasi pelayanan kesehatan, pendidikan, dan penelitian,” jelas Rita.

Lebih lanjut, Rita menjelaskan sentra keperawatan tidak hanya menyediakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat melainkan juga menjadi wahana pendidikan bagi mahasiswa keperawatan untuk belajar melakukan praktik-praktik keperawatan serta penelitian di dalamnya.

“Kami berkomitmen untuk membuat dua sentra keperawatan di puskesmas setiap tahunnya karena inovasi ini selaras dengan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK),” tambah Rita.

Terkait inovasi sentra keperawatan ini, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Dodi Suhendar yang hadir pada peresmian tersebut menyebutkan dirinya mengapresiasi baik inovasi tersebut karena dapat melengkapi akses pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

“Sentra keperawatan ini memberikan konsultasi kesehatan untuk masyarakat agar bisa memantau kondisi kesehatannya sehingga bisa mencegah terjadinya penyakit tidak menular yang akhirnya akan menurunkan jumlah rujukan ke rumah sakit,” ujar Dodi.

Lebih lanjut, Dodi menambahkan jika inovasi sentra keperawatan di Kota Bandung ini berhasil ia berencana mereplikasi konsep sejenis ke puskesmas di wilayah Jawa Barat.

“Semoga Sentra Keperawatan Cococive Care Puskesmas Babakan Sari bisa menjadi inspirasi bagi puskesmas-puskesmas lain di Kota Bandung dan Jawa Barat,” pungkasnya.

(Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung)

Bagikan.

Tentang Penulis

Redaksi Sehat Negeriku

Tinggalkan Balasan