Gladi Penanggulangan Krisis Kesehatan pada Sail Karimata di Kab. Kayong Utara

0

Pusat Krisis Kesehatan telah menyelenggarakan geladi lapangan penanggulangan krisis kesehatan dalam rangka Sail Selat Karimata pada tanggal 11 oktober 2016 di Pantai Datok Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Geladi lapangan ini merupakan kegiatan terakhir yang dilaksanakan oleh Pusat Krisis Kesehatan dalam rangkaian persiapan klaster kesehatan menghadapi potensi krisis kesehatan dalam penyelenggaraan Sail Selat Karimata di Kabupaten Kayong Utara. Kegiatan sebelumnya yang dilaksanakan adalah drill teknis.

Geladi lapangan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan tenaga kesehatan di kabupaten Kayong Utara dalam penanganan krisis kesehatan yang muncul akibat kecelakaan transportasi laut, kecelakaan lalu lintas serta penanganan kasus emergensi yang muncul pada pelaksanaan major event.

Selain itu, dilatihkan pula manajemen penanganan korban di lapangan serta manajemen transfer korban ke fasilitas pelayanan kesehatan rujukan. Manajemen penanganan korban meliputi :
1. Pengaturan area penanganan korban sesuai hasil triase.
2. Pelaksanaan triase lapangan
3. Teknik penyelamatan nyawa dan tindakan medis lapangan
4. Stabilisasi korban
5. Transfer korban ke fasyankes rujukan
6. Pengamanan area

Kemampuan dan keterampilan ini diberikan sebelumnya pada Drill Teknis dalam bentuk sesi akademis dan praktik. Keterampilan yang sudah diberikan kemudian diuji dalam geladi lapangan sehingga tenaga kesehatan menjadi terbiasa dan terampil dalam penanganan korban bencana dan emergensi.

Instruktur pada kegiatan ini berasal dari RSUD Syaiful Anwar Malang. Sedangkan peserta geladi berjumlah 75 orang yang berasal dari Dinkes Provinsi Kalimantan Barat (8 org), RSUD Soedarso (5 org), KKP Pontianak (5 org), Kesdam Tanjung Pura (6 org), Diskesal Lantamal (4 Org), Dinkes Kab. Ketapang (7 org), SAR Pontianak (3 org), Polres Ketapang (4 org), Dinkes kab Kayong Utara (14 org), Polsek Kayong Utara (15 org), Pos AL (4 org).

Peserta geladi ini nantinya akan bertugas pada pos-pos atau fasilitas pelayanan kesehatan yang diaktifkan selama penyelenggaraan Sail Selat Karimata ini. Dengan mengikuti rangkaian kegiatan ini, para peserta geladi diharapkan dapat mengaplikasikan keterampilan yang didapat untuk memaksimalkan pelayanan pada saat pelaksanaan sail.

Bagikan.

Tentang Penulis

Redaksi Sehat Negeriku

Tinggalkan Balasan