Menkes RI Buka ASEAN dengue Conference

0

Hari ini (13/06), Menteri Kesehatan RI, dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, Dr.PH. membuka secara resmi ASEAN Dengue Conference di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta. Tujuan konferensi adalah untuk memperkuat  kerjasama dan komitmen regional dalam upaya pengendalian demam berdarah dengue (DBD) di negara–negara ASEAN.

Konferensi diikuti 150 peserta terdiri pejabat tinggi kesehatan perwakilan 10 negara anggota ASEAN; pakar kesehatan internasional; akademisi; praktisi lapangan baik dari rumah sakit maupun Puskesmas.
 
Kegiatan akan berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 13 hingga 14 Juni 2011, dengan rangkaian acara membahas 7 topik, yaitu 1. Dengue Strategic Plan and Economic Health Analysis; 2. Dengue Virology; 3. Dengue Case Management; 4. Dengue Research and Vaccine Development; 5. Public Health Emergency International Concern (PHEIC); 6. Dengue Haemorrhagic Fever (DHF) Control experiences in ASEAN countries; an 7. Formulations of Jakarta Call for Combating Dengue.

Pada hari kedua, konferensi diisi kegiatan Dialog Nasional Dengue yang rencananya dibuka Menteri Dalam Negeri dengan peserta pejabat tinggi kesehatan perwakilan negara ASEAN, para Gubernur dan Bupati/Walikota se Indonesia. Dalam Dialog Nasional akan dipresentasikan Kebijakan Pengendalian DBD di Indonesia oleh Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan; upaya pengendalian DBD di Provinsi DKI Jakarta oleh Gubernur DKI Jakarta dan upaya pengendalian DBD di Kota Mojokerto oleh Walikota Mojokerto.

Selain itu akan dilangsungkan diskusi interaktif dengan moderator Imam Prasodjo dari Universitas Indonesia dengan topik “ Peningkatan Peran Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam pengendalian DBD dengan nara sumber Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri dan Kerugian Akibat DBD dengan nara sumber Dr.dr. Soewarta Koesen.

Dalam sesi terakhir, akan dirumuskan Rekomendasi Jakarta untuk Pengendalian DBD secara Nasional. Perumusan ini akan dicanangkan pada Official Launch of ASEAN Dengue Day, tanggal 15 Juni 2011 di Museum Nasional Jakarta.

Bagikan.

Tentang Penulis

Redaksi Sehat Negeriku

Tinggalkan Balasan