WHO PIP Framework Advisory Group: Kerangka Kesiapsiagaan pandemi Influenza

0

Selasa, 21 Februari 2012, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (PP dan PL), Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama  SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE melakukan kunjungan kerja ke Austria.

Dalam kunjungan kerja tersebut Prof. Tjandra menghadiri rapat persiapan WHO PIP Framework Advisory Group Meeting di kantor pusat WHO Geneve sebagai Vice Chair dari Advisory Group. Rapat tersebut juga dihadiri oleh Asisten Dirjen WHO, Prof. Didier Houssin dari Perancis sebagai Chairman serta staf WHO yang terkait.

Prof. Tjandra menjelaskan, WHO PIP Framework Advisory Group adalah kelompok yang dibentuk untuk membantu Dirjen WHO dalam melaksanakan Resolusi World Health Assembly tentang “Pandemic Influenza Preparedness Framework for the sharing of influenza viruses and access to vaccines and other benefits”.

Disampaikan oleh Prof. Tjandra, dalam rapat persiapan dibahas antara lain : agenda untuk pertemuan ke dua WHO PIP Framework Advisory Group yang akan berlangsung 22 – 24 Februari 2012; mekanisme pertemuan dengan: perwakilan civil society organization, perwakilan pengusaha vaksin, obat dan alat diagnosis; serta penyiapan bahan dan dokumen yang diperlukan untuk setiap topik bahasan.

Ditambahkan oleh Prof. Tjandra, yang akan dibahas pada pertemuan ke dua WHO PIP Framework Advisory Group antara lain meliputi : 1) penjelasan tentang Global Influenza Surveilans & Response (GISR); 2) proposal yang akan diajukan ke Dirjen WHO tentang : proporsi antara response dan preparedness, serta daftar negara yang akan mendapat bantuan; 3) Standard Material Transfer Agreement (SMTA) 2 , antara WHO Collaborating Center dengan pihak di luar GISR.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-52907416-9, faksimili: (021) 52960661; 52921669, Pusat Tanggap Respon Cepat (PTRC): 021-500567, atau e-mail kontak@depkes.go.id.

Bagikan.

Tentang Penulis

Redaksi Sehat Negeriku

Tinggalkan Balasan