Menkes Luncurkan Flying Health Care Provinsi Papua

0

Menkes luncurkan Flying Health Care Papua, Puskesmas Sentani, Jayapura-Papua(21Februari2012). Puskom Publik Kemenkes RI (MY)

Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, mencanangkan kegiatan Flying Health Care sebagai bentuk  peningkatan akses pelayanan kesehatan di propinsi Papua.

“Pencanangan ini menjadi salah satu upaya penting yang menjadi prioritas Kementerian Kesehatan untuk meningkatkan akses masyarakat Papua dan Papua Barat pada pelayanan kesehatan yang bermutu yang masuk dalam   Rencana Aksi  untuk periode  2012-2014,” kata Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, saat mencanangkan kegiatan Flying Health Care di Jayapura, Senin (20/2) malam.

Menkes lebih jauh mengemukakan, derajat kesehatan masyarakat di Provinsi Papua belum menggembirakan. Angka Kematian Ibu, Angka Kematian Bayi, Angka Kematian Balita, Prevalensi Gizi Buruk, dan Prevalensi Gizi Kurang di Papua masih ternyata masih di atas angka rata-rata nasional.

“Meskipun kita telah melaksanakan Pembangunan Kesehatan di Papua selama beberapa dasawarsa, tetapi ternyata kita masih harus bekerja lebih keras dan lebih cerdas lagi. Itulah sebabnya Pemerintah, termasuk Kementerian Kesehatan, memberikan perhatian besar kepada Provinsi Papua dan Papua Barat  Hal ini diwujudkan dengan berbagai langkah dan upaya,” ungkap Menkes.

Adapun langkah dan upaya yang telah disiapkan dalam Rencana Aksi untuk periode  2012-2014 diantaranya, terkait dengan  penguatan SDM dan peningkatan akses Program Jamkesmas, yaitu : 1) Penyediaan tim pelayanan kesehatan bergerak atau mobile clinic, 2) Penyediaan Jaminan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Papua di Kelas-3 Rumah Sakit dan Puskesmas melalui Program Jamkesmas dan Jamkesda, 3) Pembukaan Program Studi Kebidanan dan Keperawatan  untuk memenuhi kebutuhan bidan dan perawat, 4) Peningkatan pelayanan medis spesialistik dengan menugaskan residen senior ke beberapa kabupaten/ kota, dan 5) Penambahan jumlah dokter, dokter gigi, bidan PTT di seluruh kabupaten/ kota serta  penempatan sanitarian, ahli gizi, analis kesehatan, perawat dan bidan di beberapa kabupaten/kota.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-52907416-9, faksimili 52921669, Pusat Tanggap Respon Cepat (PTRC): 021-500567 dan 081281562620, atau alamat e-mail info@depkes.go.id dan kontak@depkes.go.id.

Bagikan.

Tentang Penulis

Redaksi Sehat Negeriku

Tinggalkan Balasan