Kegiatan Penanganan Influenza dan Imunisasi di CDC

0

Dalam kunjungannya ke kantor Central of Disease Control (CDC) Amerika Serikat (22/3), Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (PP dan PL), Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE, melakukan diskusi dengan tim CDC yang menangani influenza.

Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama mengatakan bahwa tim influenza di CDC menangani aspek: epidemiologi; surveilans, ada “US surveilance of influenza” yang telah berjalan puluhan; kebijakan tentang anti viral, vaksin dll; serta dukungan statistik.

Cakupan imunisasi influenza di Amerika Serikat adalah 50%, kata Prof. Tjandra.

Prof. Tjandra lebih lanjut mengatakan, tim influenza CDC Amerika Serikat telah bekerja sama dengan sekitar 40 negara di dunia. Salah satu kegiatannya adalah membantu penentuan besaran masalah penyakit, yang sedikitnya punya 4 aspek yaitu: 1) Surveilans, 2) Laboratorium, 3) Disease burden, 4) Dampak ekonomi.

Disamping masalah influenza, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama juga melakukan pembicaraan dengan tim imunisasi CDC. Kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah surveilans imunisasi. Kegiatan pemberian imunisasi dilakukan oleh masing-masing negara bagian dalam bentuk “state imunization program”.

Salah satu badan penting dalam imnunisasi di Amerika Serikat adalah Advisory Committee Immunization Programme (ACIP), yang merupakan semacam badan koordinasi para pakar, dari pemerintah, organisasi profesi, dan sebagainya.

Kegiatan internasional di bidang imunisasi yang dilakukan CDC mencakup dua hal, yaitu: berhubungan dengan eliminiasi penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi dan memperkuat sistem imunisasi, imunisasi rutin, serta kemungkinan vaksin baru, imbuh Prof. Tjandra.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-52907416-9, faksimili: (021) 52960661; 52921669, Pusat Tanggap Respon Cepat (PTRC): 021-500567, atau e-mail kontak@depkes.go.id.

Bagikan.

Tentang Penulis

Redaksi Sehat Negeriku

Tinggalkan Balasan