Kunjungan Dirjen PP dan PL ke Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat

0

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (PP dan PL), Kemenkes, Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE bersama rombongan Supervisi Terpadu Kementerian Kesehatan melakukan kunjungan lapangan untuk bersama-sama menyaksikan Deklarasi Stop Buang air besar Sembarangan (SBS) di 18 Nagari yang dipusatkan di Desa Tanah Bato, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (12/5). Kedatangan rombongan disambut oleh bupati Sijunjung, Ahmad Syafii Maarif; Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung, dr. H. Edwin Suprayogi, M.Kes; Kepala Desa Tanah Bato, serta para tokoh masyarakat setempat.

“Ini merupakan salah satu bentuk keberhasilan masyarakat dalam penyediaan sarana sanitasi dasar. Dengan diselenggarakannya acara Deklarasi SBS ini, berarti satu persoalan terjawab, tinggal bagaimana kita dapat memelihara, mempertahankan dan meningkatkan pola hidup bersih dan lebih sehat”, ujar Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama.

Selain itu, diselenggarakan pula Pencanganan 24 Nagari Sehat yang ditandai dengan penyerahan bantuan untuk pembuatan jamban keluarga dari Bupati ke Ketua Forum Kabupaten Kota Sehat.

“Nagari Sehat merupakan daerah dalam lingkup administrasi setingkat desa/kelurahan yang dinilai berhasil dalam pelaksanaan program kesehatan berdasarkan indikator program’, jelas Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama.

Selanjutnya, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama juga meresmikan Program Pamsimas Nagari Tanah Bato dengan pembukaan air keran dan cuci tangan pakai sabun (CTPS).

Sebagai bentuk dukungan Pemerintah dalam menyukseskan Program Pengendalian Malaria, Kementerian Kesehatan melalui Ditjen PP dan PL memberikan bantuan kelambu pada ibu hamil daerah endemis sebagai wujud integrasi program pengendalian malaria dengan kesehatan ibu. Selain itu, bantuan mikroskop juga diberikan kepada dokter sebagai bentuk penguatan Puskesmas dalam penegakan diagnosis malaria.

Dirjen PP dan PL bersama rombongan Supervisi Terpadu Kementerian Kesehatan berkunjung ke stand pameran pelaksanaan percepatan pencapaian target MDG’s untuk melihat berbagai progress kegiatan dan program yang telah dilakukan Dinas Kesehatan setempat juga pihak-pihak terkait lainnya.

Sebelum bertolak kembali ke Jakarta, Dirjen PP dan PL beserta rombongan menyempatkan berkunjung ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sijunjung yang baru selesai dibangun. Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama mengapresiasi perhatian Pemerintah daerah setempat, sehingga diharapkan tidak lama lagi Kabupaten Sijunjung memiliki pelayanan kesehatan yang sangat baik. Rumah sakit yang belum beroperasi penuh ini terdiri dari 4 lantai dan dilengkapi dengan berbagai pelayanan spesialistik yang lengkap. Rumah sakit yang rencananya akan diresmikan akhir tahun ini, juga dilengkapi dengan landasan helikopter.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: (021) 52907416-9, faksimili: (021) 52921669, Pusat Tanggap Respon Cepat (PTRC): 500-567 dan 081281562620 (sms), atau e-mail kontak@depkes.go.id

Bagikan.

Tentang Penulis

Redaksi Sehat Negeriku

Tinggalkan Balasan