Penguatan Perawat dalam Evidence Based Practice

0

Perawat dalam keprofesian bidang kesehatan memberikan pelayanan secara professional sesuai dengan kompetensi yang memenuhi standar serta memperhatikan kaidah etik dan moral sehingga pasien merasa aman dan terlindungi.

Penyelenggaraan praktik keperawatan didasarkan pada kewenangan dan keahlian yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan kesehatan masyarakat, perkembangan ilmu pengetahuan dan tuntutan globalisasi. Praktik keperawatan merupakan inti dari berbagai kegiatan dalam penyelenggaraan upaya kesehatan terus meningkatkan mutunya sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

”bidang pendidikan keperawatan saat ini perlu terus diselaraskan dengan perkembangan dibidang pelayanan di lapangan, sehingga akan dapat diperoleh harmonisasi antara pengembangan ilmu keperawatan di institusi pendidikan dengan penyelenggaraan praktik pelayanan keperawatan di fasilitas pelayanan kesehatan,”ujar Wakil Menteri Kesehatan Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc.,Ph.D. saat menyampaikan sambutan Workshop Nasional Keperawatan (11/05) di Gd. Siwabessy Kemenkes.

Workshop Nasional Keperawatan merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Perawat Sedunia atau International Nurses Day tahun 2012 yang mengangkat tema Closing the Gap: From Evidence to Nursing Action for Achieve Quality Profesional Nursing Services diartikan bahwa pelayanan keperawatan yang diberikan oleh perawat harus berdasar pada fakta dan evidence.

Mengingat Evidence Based Practice sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, keselamatan pasien, keefektifan managemen dalam pengelolaan pelayanan keperawatan, dan  meningkatkan kesadaran akan pentingnya bukti empiris dalam melaksanakan pelayanan.

Sebagai organisasi profesi yang menaungi keperawatan, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang memiliki anggota terbesar di Indonesia memiliki peran penting dalam membina perawat untuk memberikan pelayanan keperawatan yang aman, efektif, dan  yang terbaik.

Wamenkes menambahkan PPNI diharapkan agar bersinergi dengan Pemerintah dalam membangun kesehatan bersama, bahu membahu, melalui kerjasama dalam mewujudkan derajat kesehatan setinggi-tingginya.

Wamenkes mengajak seluruh perawat Indonesia untuk berkomitmen melaksanakan caring dalam memberikan asuhan keperawatan pasien di semua tatanan pelayanan kesehatan.

Berita ini disiarkan oleh Subbagian Hubungan Masyarakat Ditjen Bina Upaya Kesehatan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon 021-5277734 atau alamat e-mail humas.buk@gmail.com  

Bagikan.

Tentang Penulis

Redaksi Sehat Negeriku

Tinggalkan Balasan