Hari Ketiga Penyelenggaraan World Health Assembly (WHA) Ke-65

0

Delegasi Republik Indonesia (Delri), Wakil Menteri Kesehatan RI, Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, MSc., PhD., didampingi kedua alternate head of delegation Indonesia, yaitu Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (PP dan PL) Kemenkes RI, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama  SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE dan Direktur Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu-Anak (GKIA), Dr. dr. H. Slamet Riyadi Yuwono, DTM&H, MARS, M.Kes., pada hari ketiga penyelenggaraan World Health Assembly (WHA) ke 65, mengadakan pertemuan bilateral dengan Ministry of Health and Family Walfare (MOH&FW) dari Republik Bangladesh, Prof. A. F. M. Ruhal Haque M.P.

Dalam pertemuan tersebut, MOH&FW Republik Bangladesh menyatakan akan mengajukan diri menjadi Regional Director World Health Organization in South-East Asia Regional Office (WHO SEARO). Pada kesempatan tersebut, Prof. Ruhal juga meminta dukungan dari Indonesia.

Sebelumnya, pada pagi hari Delri mengikuti pembahasan mengenai gizi. Namun, di tengah pembahasan tersebut, beberapa negara mengajukan “point of order” sehingga pembahasan mengenai gizi dihentikan sementara. Lalu, dibicarakanlah mengenai kemungkinan pengumpulan dana di tingkat dunia untuk penelitian kesehatan.

 

Siang harinya, dalam pemungutan suara pemilihan Direktur Jenderal WHO, hanya terdapat 1 orang yang dicalonkan, yaitu Dr. Margaret Chan. Dari 188 negara yang berhak memilih, maka terdapat 154 negara yang dinyatakan sah. Hasilnya, 151 negara menerima, dan 3 lainnya menolak.

Usai pengumuman dan pembacaan sambutan Dr. Margaret Chan yang terpilih kembali menjadi Direktur Jendral WHO untuk kedua kalinya, Delri berkesempatan untuk bertemu dengan Dr. Margaret Chan. Dalam pertemuan resmi tersebut, beberapa hal yang dibahas antara lain masih sedikitnya jumlah staf internasional WHO yang berasal dari Indonesia, jaminan kesehatan sosial untuk masyarakat Indonesia dalam rangka universal health coverage, dan pengalaman-pengalaman Indonesia menghadapi bencana.

Malam harinya, Delri menghadiri resepsi yang diadakan oleh pemerintah Cina dalam rangka Dr. Margaret Chan terpilih kembali menjadi Dirjen WHO untuk masa jabatan kedua kali.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: (021) 52907416-9, faksimili: (021) 52921669, Pusat Tanggap Respon Cepat (PTRC): <kode lokal> 500-567 dan 081281562620 (sms), atau e-mail kontak@depkes.go.id

Bagikan.

Tentang Penulis

Redaksi Sehat Negeriku

Tinggalkan Balasan