"CERDIK" Langkah Penting Cegah Penyakit Tidak Menular

0

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Kementerian Kesehatan RI, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, Sp.P(K). MARS, DTM&H, DTCE, menyampaikan presentasi mengenai Pengendalian Penyakit di Indonesia, pada seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Persatuan Sarjana Kesehatan Masyarakat (PERSAKMI) dan Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) di Sulawesi Selatan (7/11).

Dalam seminar tersebut Prof. Tjandra menjelaskan mengenai peran kesehatan dalam MDGs 2015, kesehatan dalam bentuk triple burden di Indonesia, serta menggambarkan situasi epidemiologi dan program penanggulangan berbagai penyakit.

Penanggulangan masalah merokok, pengaturan diet garam, gula serta lemak, dan pendekatan Cek kesehatan secara teratur, Enyahkan asap rokok, Rajin berolahraga, Diet yang sehat, Istirahat yang cukup dan Kelola stress(CERDIK), merupakan hal-hal yang penting dalam penanggulangan penyakit tidak menular , juga menjadi pointer yang disampaikan Prof. Tjandra dalam acara seminar tersebut.

Selain memberikan paparan mengenaiĀ  pengendalian penyakit di Indonesia Prof. Tjandra juga melakukan diskusi dengan para peserta seminar, yang membahas beberapa topik, seperti kondom dalam pencegahan HIV/AIDS, Indonesia sehat vs MDGs, pentingnya budaya setempat dalam penyuluhan kesehatan, Hertz immunity, dan kemampuan petugas kesehatan untuk memasarkan issue kesehatan ke pimpinan daerah, pihak legislatif, dan masyarakat umum.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: (021)52907416-9, faksimili: (021)52921669, Pusat Tanggap Respon Cepat (PTRC): <kode lokal> 500-567 dan 081281562620 (sms), atau e-mailĀ kontak@depkes.go.id

Bagikan.

Tentang Penulis

Redaksi Sehat Negeriku

Tinggalkan Balasan