Tahir Foundation dan Gates Foundation Bermitra Untuk Memperluas Akses Kesehatan di Indonesia

1

Kedua Yayasan Menginvestasikan Kepada Global Fund $130 Juta Untuk Menanggulangi AIDS, Tuberculosis dan Malaria serta $20 Juta Untuk Mendukung Akses Keluarga Berencana

JAKARTA – 21 Oktober 2013 – Dato Sri Dr. Tahir, Ketua Umum Tahir Foundation, yayasan amal di bawah naungan Grup Mayapada, hari ini mengumumkan bahwa Tahir Foundation menginvestasikan $ 75 juta untuk memperluas akses terhadap kesehatan masyarakat di Indonesia. Global Fund yang berfokus pada penanggulangan AIDS, Tuberculosis dan Malaria, akan menerima $ 65 Juta, sementara sejumlah $ 10 Juta yang lain akan digunakan untuk peningkatan akses keluarga berencana.

Sejalan dengan komitmen Tahir Foundation, Bill & Melinda Gates Foundation juga mengumumkan kontribusi yang sama untuk melengkapi bantuan, yaitu $ 65 juta melalui Global Fund dan $ 10 juta untuk mendukung keluarga berencana.

Global Fund berkomitmen mendukung upaya untuk mendiagnosa, mengobati, dan mencegah tiga penyakit epidemi penyebab kematian dan kecacatan terkemuka di Indonesia. Selama dekade terakhir, pendanaan dari Global Fund telah membantu Indonesia mengobati satu juta kasus tuberculosis (TB), mendistribusikan 9 juta kelambu berinsektisida untuk mencegah malaria, dan membantu hampir 30.000 orang untuk pengobatan HIV. Dengan dukungan dari Global Fund, Indonesia telah memperkuat program penanggulangan TB nasional yang berkontribusi terhadap angka penurunan kematian akibat TB yang signifikan selama dekade terakhir.

Disamping itu, komitmen $ 20 Juta diharapkan akan memperluas akses terhadap program KB mandiri yang berkualitas. Program ini akan menyediakan pelayanan komprehensif meliputi pelayanan informasi, penyediaan alat kontrasepsi, dan pelayanan KB kepada 120 juta perempuan dari kelompok di bawah garis marginal hingga tahun 2020. Akses ke KB mandiri memiliki manfaat transformasi bagi perempuan dan merupakan salah satu investasi yang paling efektif untuk mengurangi angka kematian ibu dan bayi baru lahir.

“Tahir Foundation didedikasikan untuk melayani orang yang kurang beruntung di Indonesia dan Asia Tenggara,” kata Dato Sri Dr Tahir, Ketua Umum Yayasan Tahir Foundation dan Grup Mayapada. “Kami percaya bahwa perusahaan memiliki tanggung jawab untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di tempat mereka bekerja. Komitmen kami untuk Global Fund merupakan investasi tepat untuk masa depan Indonesia. Kami juga percaya bahwa keluarga berencana menyelamatkan nyawa dan memberikan masa depan yang lebih baik bagi anak-anak”.

Sebelumnya, kedua yayasan sepakat bermitra memberikan kontribusi sebesar $ 200 Juta pada bulan April 2013 pada acara The Global Vaccine Summit untuk mencapai misi yang sama yaitu meningkatkan taraf hidup masyarakat yang kurang beruntung di dunia. Pada saat itu, kedua yayasan mengumumkan $ 50 juta investasi bersama untuk Global Polio Eradication Initiative yang bertujuan mengentaskan polio pada tahun 2018. Kemitraan merupakan yang pertama kali dilakukan oleh Private Donor Partnership (PPP) Gates Foundation di Indonesia.

“Komitmen Dr. Tahir adalah contoh yang luar biasa dari peran filantropis dari negara berkembang seperti Indonesia yang terpacu untuk mewujudkan kesempatan yang sama bagi semua orang untuk menjalani hidup sehat dan produktif,” kata Bill Gates, Co-Chair dari Gates Foundation. “Investasi dari Tahir Foundation di Global Fund merupakan bentuk kepercayaan yang sangat kuat terhadap suatu organisasi yang telah membantu menyelamatkan sembilan juta jiwa dalam dekade terakhir.”

Berbicara dalam kapasitas sebagai Menteri Kesehatan Republik Indonesia sekaligus sebagai Ketua Dewan Global Fund, Dr. Nafsiah Mboi mengatakan, “Kami menghargai dan memberikan apresiasi yang luar biasa kepada inisiatif Tahir Foundation dan kemitraannya dengan Gates Foundation untuk membantu meningkatkan kesehatan masyarakat di Indonesia. Mereka memberikan contoh solidaritas yang luar biasa bagi  masyarakat Indonesia dan dunia. Kami siap untuk bergandengan tangan dengan pebisnis dan filantropis lain yang berkeinginan mengikuti inisiatif seperti ini di Indonesia maupun di seluruh dunia. Jika kita bekerja keras dan bekerja bersama-sama, kita memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk memerangi AIDS, TB, dan Malaria. Dukungan yang merupakan kontribusi Indonesia terhadap upaya kesehatan global ini merupakan sebuah langkah besar ke depan. “

Dr. Mark Dybul, Direktur Eksekutif Global Fund, memuji komitmen Tahir Foundation untuk memerangi AIDS, TB dan Malaria di Indonesia. “Kami merasa terhormat mendapat kepercayaan dari seorang pengusaha Indonesia yang ingin memberikan kembali apa yang telah dia capai untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di negaranya sendiri,” kata Dr. Dybul. “Kontribusi ini akan berdampak luar biasa dalam penanggulangan AIDS, TB dan malaria di Indonesia.”

– Selebihnya –

Tahir Foundation

Tahir Foundation berdiri untuk membantu individu dan komunitas yang membutuhkan tanpa membedakan ras, bahasa dan agama, khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan. Tahir Foundation adalah yayasan amal swasta yang didanai oleh Dr. Tahir, selaku pendiri Indonesia Mayapada group, beserta keluarganya. Yayasan ini adalah suatu ungkapan iman Kristiani keluarga Tahir, melalui kepedulian dan kasih sayang bagi mereka yang kurang beruntung. Yayasan ini bergerak di sektor pendidikan, amal, dan pemerintah, untuk mendukung pendidikan, kesehatan dan layanan masyarakat di Indonesia, Asia dan di seluruh dunia. Dalam dua dekade terakhir, Yayasan telah memberikan beasiswa kepada lebih dari 20 universitas negeri di Indonesia dan puluhan ribu komputer untuk siswa yang kurang mampu.

Bill & Melinda Gates Foundation

Dipandu dengan keyakinan bahwa setiap kehidupan memiliki nilai yang setara, Bill & Melinda Gates Foundation bekerja untuk membantu semua orang hidup sehat dan produktif. Di negara-negara berkembang, Bill & Melinda Gates Foundation fokus dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dan memberikan mereka kesempatan untuk keluar dari jurang kemiskinan dan kelaparan. Di Amerika Serikat, Foundation ini berusaha untuk memastikan semua orang khususnya dengan keterbatasan akses dan kesempatan yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan serta kehidupan mereka. Berbasis di Seattle, Washington, yayasan yang dipimpin oleh CEO Jeff Raikes dan Co-Chair William H. Gates Sr, berada dalam arahan Bill dan Melinda Gates serta Warren Buffett.

The Global Fund yang Memerangi AIDS, Tuberculosis, and Malaria

Global Fund adalah lembaga pembiayaan internasional yang didedikasikan untuk menarik dan menyalurkan sumber daya yang dapat mencegah dan mengobati HIV dan AIDS, TB dan malaria. Global Fund mempromosikan kemitraan antara pemerintah, masyarakat sipil, sektor swasta dan masyarakat terkait, dengan cara yang paling efektif untuk membantu mereka yang membutuhkan. Pendekatan inovatif ini bergantung pada kepemilikan negara dan pendanaan berbasis kinerja, yang artinya adalah orang-orang yang melaksanakan program mereka sendiri di negaranya masing-masing berdasarkan prioritas mereka dan Global Fund membantu menyediakan pendanaan tersebut.

Sejak berdiri pada tahun 2002, Global Fund telah mendukung lebih dari 1.000 program di lebih dari 140 negara, menyediakan pengobatan AIDS untuk 5,3 juta orang, pengobatan anti – TB untuk 11 juta orang dan 340 juta kelambu berinsektisida untuk pencegahan malaria. Global Fund bekerjasama erat dengan organisasi bilateral dan multilateral lainnya dalam upaya memerangi tiga epidemi tersebut.

-SELESAI-

 

Bagikan.

Tentang Penulis

Redaksi Sehat Negeriku

1 Komentar

  1. Dear Pak Tahir,

    Selamat pagi,
    hari ini tgl 29 january 2014 saya di panggil oleh bagian keuangan universitas atmajaya karena anak2 saya belum bisa bayar uang kuliah dan itulah yang terjadi,
    Ya namanya hidup itukan pasang surut,tapi ini kenapa surutnya lama sekali ga banjir2 ya,IPK anak tertua 3.56 tehnik industri dan yang kecil IPK 3.67 fak hukum.
    Saya tidak minta tapi beri kami pinjaman agar anak2 bisa sekolah.maklum sayanya lagi ga ada pekerjaan.please help me Mr Tahir.GBU

    Salam hormat saya
    timotheus soemadi
    081289160767

Tinggalkan Balasan