Apresiasi bagi Pemenang Kompetisi pada Malam Penghargaan HKN Emas

0

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Emas ke-50, Kementerian Kesehatan RI menyelenggarakan beberapa kompetisi atau perlombaan yang bersifat nasional, antara lain:

A. Kompetisi Jurnalistik
Merupakan penghargaan bagi jurnalis media cetak dan daring atas karya tulisan yang membahas kebijakan atau permasalahan seputar rokok. Tema yang diusung adalah “Upaya Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Produk Tembakau Bagi Kesehatan”. Berdasarkan proses pengumpulan artikel yang dilakukan mulai Januari-Oktober 2014, tersaring 637 artikel, baik dikirimkan oleh jurnalis maupun penyaringan melalui media monitoring. Sementara waktu penjurian dilakukan pada 22-23 Oktober 2014, dengan dewan juri yaitu: Perwakilan Dewan Pers, I Made Ray Karuna Wijaya; Direktur Eksekutif Tempo Institute, Mardiyah Chamim; Kepala Subdit Pengendalian Penyakit Kronik dan Degeneratif Direktorat PPTM, dr. Prima Yosephine Hutapea, MKM; Peneliti Kesehatan, Dr. Soewarta Kosen; dan Kabid Pelayanan Informasi Publik Pusat Komunikasi Publik Kemenkes RI, drg.Rarit Gempari, MARS.

Kategori Media Cetak
Pemenang I diraih oleh Dina Manafe melalui artikel “Rokok buyarkan Bonus Demografi, Cukai Rokok Harus Dinaikkan” dalam Suara Pembaruan edisi 28 Februari 2014. Pemenang II diraih oleh Adhitya Ramadhan melalui artikel “Menjemput Maut dengan Udut” dalam Kompas edisi 31 Mei 2014. Pemenang III diraih oleh Zalzilatul Hikmia melalui “Dokter Penyakit Paru Tutup Praktik karena Tak Ada Pasien” dalam Indo Pos (Jawa Pos Group) edisi 10 Juni 2014.

Kategori Media Daring
Pemenang I diraih oleh Wardah Fajri melalui artikel “Jumlah Perokok Naik, Indonesia Butuh Langkah Nyata” dalam situs berita kompas.com edisi 10 Januari 2014. Pemenang II diraih Muamaroh Husnantiya melalui artikel “Berada di Lingkungan Perokok Sama Bahaya dengan Jadi Perokok, Ini Alasannya” dalam situs berita detik.com edisi 4 Februari 2014. Pemenang III diraih Lenny Tristia Tambun melalui artikel “Larang Tamu Merokok, Pengelola Hotel Mengaku Tetap Untung” dalam situs beritasatu.com edisi 28 Januari 2014.

B. Kompetisi dan Pameran Foto
Merupakan penghargaan bagi pewarta maupun penggemar fotografi atas potret karya bertema “Indonesia Cinta Sehat”. Pengiriman foto dimulai 1 Juli 2014 hingga 20 September 2014. Kompetisi terdiri dari dua kategori, yaitu jurnalis dan umum. Pemenang dari kompetisi foto HKN 2014, sebagai berikut:

Kategori Jurnalis
Pemenang I diraih oleh Agung Kuncahya Bayuaji, jurnalis foto Xinhua News agency biro Jakarta. Pemenang II diraih oleh Aan Mariam Setiawati, reporter Harian Suara Muhammadiyah. Pemenang III diraih oleh Bayu Basuseno, jurnalis Tabloid Global Sehat.

Kategori Umum
Pemenang I diraih oleh Iman Firmansyah asal Sukabumi dan Rosawati Oktarina asal Jakarta.

C. Perpustakaan Terbaik
Penghargaan diberikan kepada perpustakaan yang dikelola oleh Politeknik Kementerian Kesehatan di daerah tersebut.

Pemenang pertama diraih oleh Perpustakaan Terpadu Poltekes DI Aceh. Perpustakaan ini memiliki koleksi bacaan yang beragam, mulai dari majalah, buku, laporan penelitian, dan lain-lain, dengan jumlah lebih dari 6.000 judul. Memiliki fasilitas e-book, e-journal, ruang baca yang luas dan nyaman serta fasilitas wifi bagi para pemustaka.

Pemenang kedua diraih oleh Perpustakaan Terpadu Poltekes Tasikmalaya, yang memiliki koleksi lebih kurang 5000 judul. Dilangkapi pula dengan fasilitas e-book, e-journal serta wifi.

Pemenang ketiga diraih oleh Perpustakaan Terpadu Poltekes Bengkulu yang memiliki koleksi bacaan lebih kurang 4000 judul. Perpustakaan ini terbuka bagi mahasiswa, dosen dan masyarakat umum. Memiliki fasilitas e-book, e-journal serta wifi.

D. Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat
Penghargaan ini diraih oleh: 1) Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur; 2) Pelabuhan Laut Tanjung Priuk, Jakarta; 3) Pelabuhan Penyebrangan Merak, Banten; 4) Pelabuhan Khusus Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) PT LNG Badak Kota Bontang, Kalimantan Timur.

E. Toilet Publik di Kantor Pusat/Utama Kementerian dan Lembaga
Penghargaan ini diraih oleh: 1) Kementerian Keuangan; 2) Kementerian Kesehatan; dan 3) Kementerian Pekerjaan Umum.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 500-567; SMS 081281562620, faksimili: (021) 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id.

Bagikan.

Tentang Penulis

Redaksi Sehat Negeriku

Tinggalkan Balasan