Perangko 50 Tahun HKN Tandai Puncak HKN Emas

0

Tahun ini jajaran kesehatan dan masyarakat memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 50 atau HKN emas. Dengan tema Indonesia Cinta Sehat dengan Sub-tema: Sehat Bangsaku Sehat Negeriku, diharapkan budaya hidup sehat menjadi bagian dari keseharian bangsa ini, di samping harapan akan kondisi sehat untuk semua sebagai satu bangsa yang semakin bermartabat.

HKN diperingati setiap tanggal 12 November. Selama bulan November 2014 berbagai kegiatan dilaksanakan di seluruh provinsi di Indonesia. Kali ini Puncak Peringatan HKN dilaksanakan di Taman Mini, Jakarta (27/11). Hadir pada kesempatan tersebut Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Kabinet Kerja, Ketua DPR RI, Kepala Lembaga Negara, Gubernur DKI Jakarta, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten/Kota terpilih, Penerima Penghargaan Bidang Kesehatan, serta 2000 undangan lainnya.

Dalam laporannya, Menkes Nila Farid Moeloek menyampaikan beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Peringatan Tahun Emas HKN ini, yaitu :

1. Upacara HKN Ke-50 pada tanggal 12 November 2014 di Monas, diikuti oleh lebih 2.000 peserta dari berbagai komponen lintas sektor dilanjutkan dengan simulasi penanggulangan Ebola.
2. Perolehan rekor MURI atas rekor Komitmen Tidak Merokok secara Estafet oleh Partisipan Terbanyak, sebanyak 256.637 aksi cap tangan. Komitmen ini dilakukan Pusat dan seluruh Provinsi/Kabupaten/Kota.
3. Pameran Pembangunan Kesehatan dilaksanakan dari tanggal 14-16 November di Monas diikuti 156 peserta dari industri farmasi, alat kesehatan, makanan, kosmetik dan RS; yang menunjukkan keseriusan dan kesiapan komponen dalam negeri dalam mendukung pembangunan kesehatan serta beberapa Instansi Pemerintah di Pusat dan Daerah.
4. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pemeriksaan gula darah, kolesterol, tekanan darah, papsmear, IVA test, kesehatan ibu hamil, pemeriksaan Mata, test ketahanan stres dan kesehatan jiwa, konseling dan test HIV, senam sehat, sepeda sehat, gerak Jalan sehat, pemeriksaan Gigi, donor darah, deteksi dini PTM, di Monas dari tanggal 14-16 November 2014.
5. Dukungan dan kemitraan dengan organisasi kemasyarakatan, kalangan swasta/dunia usaha, komunitas/gerakan masyarakat peduli kesehatan serta para penggiat media sosial yang bersama-sama ikut mengkampanyekan perilaku hidup bersih dan sehat.
6. Pemberian penghargaan bagi pribadi dan institusi yang berjasa di bidang kesehatan.
7. Kegiatan ilmiah berupa simposium, seminar, lomba penulisan ilmiah di bidang kesehatan.
8. Penerbitan perangko edisi 50 Tahun HKN
Menko PMK Puan Maharani menyambut baik peringatan HKN Emas ini. Menurutnya 50 tahun merupakan perjalanan panjang dalam melakukan upaya-upaya pembangunan kesehatan sehingga derajat kesehatan masyarakat Indonesia semakin meningkat.

“Pemerintah bertangung jawab untuk merencanakan, mengatur, menyelenggarakan, membina dan mengawasi penyelenggaraan upaya kesehatan yang merata dan terjangkau oleh masyarakat”, ujar Puan dalam sambutannya.

Ditambahkan, upaya kesehatan lebih memprioritaskan pada upaya mempertahankan orang sehat agar tetap sehat dan yang sakit harus mendapatkan pelayanan kesehatan yang mudah diakses dan memadai, oleh karena itu peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di masyarakat menjadi penting.

Pada kesempatan tersebut, Menko PMK mengapresiasi kepedulian masyarakat luas untuk menjaga kesehatan dengan berkomitmen melalui aksi cap tangan berhenti merokok yang telah dilakukan di seluruh Indonesia dan menjamin pelaksanaan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dapat berjalan dengan baik.

Dalam acara Puncak Peringatan HKN ini dilaksanakan beberapa agenda, diantaranya pemberian penghargaan dari Menkes kepada 37 Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, Orgasisasi Masyarakat dan Individu yang telah berjasa besar dalam pembangunan kesehatan. Selain itu juga penandatanganan Sampul Pertama Perangko 50 Tahun HKN oleh Menko PMK.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 500-567; SMS 081281562620, faksimili: (021) 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id.

Bagikan.

Tentang Penulis

Redaksi Sehat Negeriku

Tinggalkan Balasan