Penelitian dan Pengembangan Kesehatan sebagai Basis Pengambilan Keputusan

0

Jakarta, 8 Juli  2015

Secara umum, pengambilan keputusan berbasis bukti adalah suatu pendekatan yang berdasarkan pada informasi atau bukti valid dan terpercaya. Dengan demikian implementasinya dapat dilaksanakan dengan berdaya guna dan berhasil guna.

Kita tidak bisa mendapatkan produk informasi dan inovasi yang valid serta terpercaya tanpa melakukan penelitian dan pengembangan kesehatan. Informasi yang valid tentunya harus melalui proses penelitian yang terjaga mutunya baik secara ilmiah maupun secara etik

Demikian disampaikan Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila F Moeloek, Sp.M (K) saat membuka acara Parade Buku Hasil Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) 2014 di Jakarta Rabu, (8/7). Dalam parade tersebut, ditampilkan 99  buku hasil karya peneliti Badan Llitbang Kemenkes RI. 86 diantaranya diterbitkan oleh Lembaga Penerbit Badan Litbangkes sendiri. Buku – buku tersebut dapat diakses di Perpustakaan Badan Litbangkes.

Menkes menyatakan, penyelenggaraan parade buku pada masa awal tahun rencana pembangunan kesehatan lima tahun ke depan akan memberi informasi yang dibutuhkan para pengambil kebijakan untuk penyusunan perencanaan dan kebijakan. Selain itu, dengan menghadirkan seluruh pelaksana program dan pengambil kebijakan dapat menjadi forum komunikasi antara ‘produsen riset’ dan ‘konsumen riset’”, ujar Menkes.

“Untuk menjamin bahwa hasil penelitian dapat dimanfaatkan oleh pengguna (pemegang program), maka harmonisasi dan sinkronisasi program Litbangkes dengan mitranya yang ada di unit-unit utama Kementerian Kesehatan menjadi sangat penting” ujar Menkes.

Lebih jauh, Menkes berharap melalui momentum ini,  bisa menjadi jembatan komunikasi dan kolaborasi antara penghasil (dalam hal ini adalah para peneliti) dan pengguna (dalam hal ini pemegang program dan pelaku pelayanan kesehatan).

Kepada para peneliti, Menkes minta agar terus produktif memberikan data hasil penelitian yang mudah dimengerti dan opsi untuk  rekomendasi kebijakan yang berguna bagi perbaikan program kesehatan.

“Produk informasi dan inovasi ini tentunya sangat berguna dan bermanfaat dalam rangka pengambilan keputusan berbasis bukti”, tandasnya.

Hadir pada kegiatan tersebut selaku pembahas: Deputi Meneg PPN/Kepala Bappenas Bidang Sumber Daya Manusia dan Kebudayaan. Dra. Nina Sardjunani, MA, Guru Besar IPB, prof. Hardinsyah.

Dalam kesempatan tersebut, Menkes juga meluncurkan E-Flip Book dari buku hasil penelitian dan 25 film dokumenter berbagai penelitian Badan Litbangkes.

Selain itu juga dibahas 5  buku yang berjudul: Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat 2013;  Buku Pendek di Indonesia, “Masalah dan Solusinya”; Perempuan Muyu dalam Pengasingan; Buku Pedoman Pengumpulan Data – Rikhus Vektor dan Reservoir Penyakit, dan Beban Ganda Kesehatan Masyarakat.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline <kode lokal> 1500-567; SMS081281562620, faksimili: (021) 52921669, website www.depkes.go.id dan emailkontak@depkes.go.id.

 

Bagikan.

Tentang Penulis

Redaksi Sehat Negeriku

Tinggalkan Balasan