Ayo, Peduli Terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa

0

Jakarta, 9 Oktober 2015

Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) diperingati pertama kali tahun 1992, dimana sebagai inisiatif dan prioritas global World Federation of Mental Health (WFMH) yang didukung oleh WHO dengan anggota lebih dari 150 negara di dunia. Setiap tahun, tanggal 10 Oktober dunia memperingati Hari Kesehatan Jiwa. Tujuannya adalah untuk menghormati hak Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), memperluas program pencegahan masalah kesehatan jiwa antara penduduk rentan, memperluas pelayanan yang memadai, dan mendekatkan akses bagi mereka yang membutuhkan serta meningkatkan upaya kesehatan jiwa secara optimal.

Tahun ini, Federasi Dunia Untuk Kesehatan Jiwa (WFMH) menetapkan tema “Dignity In Mental Health” dengan subtema “Menuju Layanan Kesehatan Jiwa Yang Bermartabat”, adalah sebuah seruan/ajakan menghilangkan stigma, diskriminasi dan marginalisasi terhadap Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). ODMK dan ODGJ sering mengalami masalah kekerasan fisik dan emosional di fasilitas pelayanan kesehatan dan juga masyarakat, kurangnya kepedulian dan kurangnya tenaga kesehatan yang berkompeten serta buruknya fasilitas yang ada mengarahkan individu dengan masalah kesehatan jiwa rentan mengalami kekerasan.

Sesuai dengan tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) tahun ini, WHO akan memunculkan kesadaran masyarakat dengan cara memastikan individu dengan masalah kejiwaan dapat melanjutkan hidupnya secara bermartabat, melalui hak-hak manusia yang berlandaskan hukum dan kebijakan-kebijakan, pelatihan bagi tenaga kesehatan, menghormati informed consent, termasuk pengambilan keputusan dan kampanye yang bisa dilakukan dalam bentuk baliho, spanduk, tentang topik yang berhubungan dengan promosi kesehatan jiwa dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat tentang gangguan/ masalah kejiwaan di berbagai tempat seperti sekolah, perkantoran/perusahaan dan fasilitas pelayanan lanjut usia dan fasilitas umum lainnya.

Puncak Pelaksanaan dan kegiatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) akan dilaksanakan pada Minggu, 11 Oktober 2015 di Taman Kota Waduk Pluit. Rangkaian acara dalam kegiatan ini terdiri dari senam nusantara, dialog interaktif, launching layanan kesehatan jiwa melalui android, catatan rekor MURI: melukis terbanyak yang akan dilakukan ODGJ dari berbagai RS Jiwa, pameran hasil karya ODMK dan ODGJ, pameran program LSM, pelayanan konseling kesehatan jiwa pada ibu dan anak, remaja, dewasa dan lansia, konseling NAPZA dan HIV serta acara hiburan oleh band penyandang autis dan band RSJ. Soeharto Herdjan.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 500-567; SMS 081281562620; faksimili: (021) 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id

Bagikan.

Tentang Penulis

Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat melaksanakan koordinasi dan pelaksanaan komunikasi publik melalui media massa dan opini publik, pelayanan informasi publik serta hubungan antar lembaga.

Tinggalkan Balasan