Menkes Berikan Orasi Ilmiah Tentang Peningkatan SDM di Bidang Kesehatan

0

Jakarta, 13 Oktober 2015

Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp. M (K) memberikan orasi ilmiah dengan tema “Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia Indonesia di Bidang Kesehatan Dalam Rangka Menghadapi MEA 2015 Mendatang” pada acara Wisuda Universitas Esa Unggul (UEU) Program Diploma III, Diploma IV, Sarjana dan Pascasarjana, Dies Natalis ke-22 TA. 2014/2015 di Jakarta (13/10). Pada kesempatan ini, Menkes juga mengucapkan selamat kepada 1.420 orang wisudawan Universitas Esa Unggul (UEU) yang telah menyelesaikan pendidikannya.

Dalam orasi ilmiah yang diberikan, Menkes mengatakan bahwa generasi muda adalah aset bangsa. Generasi muda adalah orang-orang yang produktif dan diharapkan mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama pendidikan, khususnya untuk menaikkan derajat kesehatan masyarakat bagi bangsa dan negara.

Menkes juga mengatakan bahwa sesuai dengan nawacita yang ke lima, kita harus meningkatkan SDM yang berkualitas. “Kami dari Kementerian Kesehatan membuat program Indonesia Sehat yang merupakan program dari Presiden Jokowi, yaitu dengan membuat bagaimana kita mengubah mindset masyarakat untuk selalu sehat dengan melakukan penguatan pelayanan kesehatan dari layanan primer hingga tersier”, ujar Menkes (13/10).

Menkes juga mengimbau agar masyarakat senantiasa melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selain itu, Generasi Muda juga diharapkan untuk tidak merokok, melainkan memperbanyak asupan sayur dan buah.

Pada kesempatan ini, Menkes menyampaikan bahwa Kementerian Kesehatan ingin mengembalikan layanan primer untuk menjaga agar masyarakat tetap sehat, karena itu Puskesmas diharapkan menjadi pelayanan komprehensif yaitu bukan mengobati orang sakit tetapi membuat orang tetap sehat mulai dari daerah terpencil, perbatasan, hingga kepulauan contohnya melalui Nusantara sehat yang berbasis pendekatan keluarga.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 500-567; SMS 081281562620; faksimili: (021) 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id

Bagikan.

Tentang Penulis

Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat melaksanakan koordinasi dan pelaksanaan komunikasi publik melalui media massa dan opini publik, pelayanan informasi publik serta hubungan antar lembaga.

Tinggalkan Balasan