Kenali Faktor Risiko Diabetes Secara Dini dan Jalankan Pola Hidup Sehat

0

Jakarta, 5 November 2015

Diabetes adalah salah satu penyakit kronis dan belum menempati skala prioritas utama pelayanan kesehatan di Indonesia, sehingga penderita diabetes saat ini masih menghadapi beragam kendala. Dengan adanya peningkatan jumlah penderita diabetes beserta komplikasinya tentu akan memberikan beban terhadap peningkatan disabilitas dan kualitas sumber daya manusia, kematian dini, peningkatan diabetes secara individu, beban diabetes secara ekonomi dan tantangan penanganan atau manajemen diabetes.

Hari Diabetes Sedunia (HDS) diperingati setiap 14 November setiap tahunnya bertepatan dengan tanggal ditemukannya insulin. Tahun ini peringatan HDS akan dilalui dengan beragam kegiatan yang mengusung tema “mendorong seluruh lapisan masyarakat agar terlibat dalam pengendalian diabetes melalui penerapan pola makanan sehat setiap hari dan mendorong perubahan untuk mengenal faktor risiko diabetes secara dini, serta peningkatan akses ke layanan pengobatan yang berkualitas”.

Kementerian Kesehatan RI mendapat dukungan dari berbagai pihak antara lain Persatuan Endokrinologi Indonesia (Perkeni), Persatuan Diabetes Indonesia (Persedia) dan dunia usaha dalam menyelenggarakan rangkaian kegiatan HDS 2015 guna membantu masyarakat untuk hidup sehat melalui pengendalian penyakit diabetes dan lebih mengandalkan pada pencegahan dini melalui upaya promotif dan preventif.

Upaya pencegahan dan penanganan diabetes dalam merealisasikan HDS 2015 akan dilaksanakan dengan beragam kegiatan yang bertujuan untuk mendidik, melibatkan, dan mendukung seluruh lapisan masyarakat baik para praktisi kesehatan hingga masyarakat umum. Puncak acara dari rangkaian HDS 2015 akan terbagi dalam dua kegiatan selama dua hari berturut-turut. Pada Sabtu 14 November 2015 akan diadakan Simposium HDS yang dibuka untuk tenaga kesehatan secara umum dan awam, bertempat di Hotel Oriental Mandarin, Jakarta. Selanjutnya, Pada Minggu, 15 November 2015 akan diselenggarakan kegiatan mobilisasi sosial melalui Diabetes Fun Walk yang menargetkan partisipasi sebanyak 5.000 orang.

Selain itu, HDS 2015 tidak hanya diselenggarakan di Jakarta saja, tetapi di tingkat provinsi atau kota seperti Jambore Nasional Diabetes di Balikpapan, Medan, dan Makassar. HDS 2015 mengingatkan kembali bahwa untuk mengatasi diabetes diperlukan upaya yang terus menerus dan menekankan pentingnya mengkonsumsi makanan sehat setiap hari sebagai komponen penting dalam pengendalian diabetes, serta menyuarakan perubahan untuk mengenal faktor risiko dan peningkatan askes ke layanan pengobatan yang berkualitas. Penyelenggaraan HDS 2015 akan diintegrasikan dalam rangkaian Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 51.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 500-567; SMS 081281562620; faksimili: (021) 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id

Bagikan.

Tentang Penulis

Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat melaksanakan koordinasi dan pelaksanaan komunikasi publik melalui media massa dan opini publik, pelayanan informasi publik serta hubungan antar lembaga.

Tinggalkan Balasan