Wapres Ikuti Jalan Sehat Bersama Memperingati Puncak HKN Ke-51

0

Jakarta, 6 Desember 2015

Minggu Pagi (6/12), bertepatan dengan Car Free Day, Wakil Presiden RI HM Jusuf Kalla ikuti Jalan Sehat dalam rangka memperingati Puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN),  ke-51, bersama keluarga besar Kementerian Kesehatan, Tim Nusantara Sehat dan Masyarakat di Silang Monas Jakarta. Acara Puncak kali ini diselenggarakan secara sederhana dengan mendekatkan diri dengan masyarakat.

Dalam laporannya, Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M (K) menyampaikan tema HKN ke 51 thaun 2015 adalah Indonesia Cinta Sehat : Generasi Cinta Sehat, Siap Membangun Negeri.

“Generasi cinta sehat adalah kita semua, bangsa Indonesia dari berbagai usia, bayi, Balita, anak, remaja, dewasa dan Lansia turut serta dalam pembangunan kesehatan. Momentum ini juga sebagai pengingat bahwa sehat itu harus dijaga, bergaya hidup sehat serta berpartisipasi aktif dalam jaminan kesehatan nasional untuk dapat mencapai layanan kesehatan yang kuat”, sambung Menkes.

Pelepasan Nusantara Sehat

Pada kesempatan tersebut, Wapres bersama Menkes juga melepas Tim Nusantara Sehat yang terdiri dari 553 orang tenaga kesehatan.

Nusantara Sehat merupakan sebuah upaya peningkatan pelayanan kesehatan primer mencakup preventif, promotif, dan kuratif dengan melibatkan 5 sampai 9 tenaga kesehatan untuk ditempatkan di pelosok Nusantara. Mereka terdiri dari: dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, ahli laboratorium medik, tenaga gizi, dan tenaga kefarmasian.

Melalui tim Nusantara Sehat diharapkan dapat memberi dan menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan di daerah terpencil, perbatasan dan kepulaian (DTPK), serta dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat di daerah tersebut.

Menkes berharap,  peserta Tim Nusantara Sehat mampu menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan di daerah perbatasan NKRI dengan berbekal disiplin, loyalitas, dedikasi, jiwa korsa, dan semangat pantang menyerah di tempat tugasnya untuk memberikan pelayanan kesehatan paripurna.

Dalam rangka HKN ke – 51, pada kurun waktu 2 bulan, segenap jajaran kesehatan baik di Pusat maupun di Daerah telah menyelenggarakan dengan berbagai kegiatan antara lain: Open House Wisata Ilmiah Kesehatan, Simposium Internasional, Parade Advokasi Kebijakan Kesehatan, Debat Mahasiswa, Upacara HKN, Ziarah dan Tabur Bunga Pahlawan Kesehatan. Selain itu juga mengadakan Pameran Pembangunan Kesehatan, Pengabdian Masyarakat, Penghargaan Bidang Kesehatan, Lomba-lomba olahraga dan seni serta Family Gathering Keluarga Besar Kementerian Kesehatan.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline <kode lokal> 1500-567; SMS 081281562620, faksimili: (021)52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id.. (Dok.Foto.Hendy)

 

Bagikan.

Tentang Penulis

Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat melaksanakan koordinasi dan pelaksanaan komunikasi publik melalui media massa dan opini publik, pelayanan informasi publik serta hubungan antar lembaga.

Tinggalkan Balasan