Menkes Tinjau Kondisi Paska Banjir di Bima

0

Hari ini (30/12), Menkes Nila F. Moeloek didampingi Sekjen Kemenkes Untung Suseno Sutarjo meninjau sejumlah fasilitas kesehatan yang rusak parah akibat banjir di Kab. Bima, NTB. Menkes menyaksikan sendiri gudang obat yang rusak parah karena terendam banjir setinggi satu meter. Selain itu, Puskesmas perawatan Paruga dan RSUD juga lumpuh total karena alat kesehatan rusak terendam banjir dan lumpur setinggi 1,5 meter.

Dalam kunjungan kerjanya, Menkes melihat ketersediaan RS lapangan TNI. RS ini dilengkapi dengan fasilitas rawat jalan, rawat inap dengan 50 tempat tidur, laboratorium sederhana. Sementara untuk tenaga kesehatan sudah ada dokter spesialis bedah, penyakit dalam, anak, kulit, jiwa, anatesi, gigi, THT.

Dalam upaya pengendalian dampak kesehatan akibat banjir ini, Pemerintah Pusat telah mengirimkan sejumlah bantuan diantaranya mendorong pengiriman buffer stok obat, mengirimkan bantuan logistik kesehatan lingkungan berupa kaporit, tawas, desinfektan air, trapping tikus, larvasida butira, masker, hygiene kit keluarga, hygiene kit perorangan, hand satitizer, desinfektan lantai, insektisida lalat, dan lainnya.

Dihadapan petugas kesehatan, Menkes berpesan agar senantiasa menjaga kesehatan. Jangan sampai kelelahan dan minimnya sanitasi menyebabkan sakit para tenaga kesehatan yang bertugas.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes RI.

Bagikan.

Tentang Penulis

Redaksi Sehat Negeriku

Tinggalkan Balasan