Temu Blogger NTB, Kemenkes Ajak Peserta Sosialisasikan Germas

0

Kementerian Kesehatan RI gelar Temu Blogger di hotel Aston, Lombok, NTB, Jumat (14/7). Acara tersebut sebagai salah satu cara Kemenkes dalam mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) kepada semuan kalangan.

Pada tahap awal, secara nasional Germas dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yakni melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, mengonsumsi buah dan sayur ditambah ikan, dan memeriksa kesehatan secara berkala.

“Tiga kegiatan itu harus dimulai dari diri sendiri. Dan aktivitas makan buah dan sayur harus ditambah makan ikan, karena mengandung banyak protein,” kata Sesjen Kemenkes, dr. Untung Suseno Sutarjo, Jumat (14/7).

Keterlibatan blogger dalam mensosialisasikan Germas diharapkan sampai pada masyarakat. Sehingga masyarakat dapat membudayakan hidup sehat dan mampu mengubah kebiasaan yang tidak sehat.

Blogger juga, kata Untung, diharapkan dapat mengatasai informasi hoax yang beredar. Hal ini dapat dilakukan melalui blog dan media sosial.

“Kita bekerjasama untuk melawan hoax karena mengancam masyarakat, apalagi ini soal kesehatan. Contohnya pengobatan-pengobatan tradisional yang katanya mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Padahal itu tidak terbukti secara klinis,” tambah dr. Untung.

Temu Blogger kali ini diikuti oleh 45 blogger dari kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Timur, dan Kabupaten Lombok Tengah. Sebelum dimulai acara, para peserta berkesempatan mengecek kesehatanya.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kemenkes RI drg. Oscar Primadi mengapresiasi acara tersebut. Ini kali keduanya dilakukan di tahun 2017 setelah sebelumnya diadakan di Bandung Jawa Barat.

“Setelah pertemuan para blogger ini, diharapkan ada tindak lanjutnya, sehingga Germas dapat terus tersosialisasikan dan membudaya di masyarakat,” kata drg. Oscar.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat,Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline (kode lokal) 1500-567,SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id.

Kepala Biro Komunikasi dan
Pelayanan Masyarakat

drg. Oscar Primadi, MPH
NIP. 196110201988031013

Bagikan.

Tentang Penulis

Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat melaksanakan koordinasi dan pelaksanaan komunikasi publik melalui media massa dan opini publik, pelayanan informasi publik serta hubungan antar lembaga.

Tinggalkan Balasan