Empat Poltekkes ini Siap Laksanakan Program Percepatan Peningkatan Kualifikasi Pendidikan

0

Jakarta, 29 September 2017

Kementerian Kesehatan RI melakukan dialog interaktif melalui video conferency dengan 4 Politeknik Kesehatan (Poltekkes). Ke4 Poltekkes tersebut menyatakan siap melaksanakan Program Percepatan Peningkatan Kualifikasi Pendidikan Tenaga Kesehatan (Nakes).

4 Poltekkes itu adalah Poltekkes Kalimantan Timur (Kaltim), Poltekkes Kupang, Poltekkes Aceh, dan Poltekkes Meruke. Di Poltekkes Kaltim misalnya, sebanyak 269 mahasiswa yang baru terdaftar.

Diharapkan nantinya lulusan ini bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI mengatakan bila kuota peserta tahun ini tidak mencukupi akan dialokasikan untuk tahun depan. Selain itu, kewajiban pemerintah mengutamakan calon peserta dari daerah pinggiran. Tidak hanya mereka yang punya akses di kota. 

“Kalau yang tidak tertampung tahun ini maka akan diakomodir tahun depan. Kita upayakan yang dari daerah pinggiran untuk bisa mengikuti. Yg penting yangg belum gaftar silakan daftar,” kata drg. Usman Sumantri.

Ketua Dewan Pendidikan Kaltim, Encik Widyani mengapresiasi ide program tersebut. Menurutnya program ini dapat meningkatkan potensi SDM bidang kesehatan.

Kemudian di Poltekkes Kupang. Lektor Kepala Poltekkes Kupang Jefrin Sambara mengatakan siap melaksanakan program ini. 

“Secara administrasi dibutuhkan dukungan bupati dan Dinkes kabupaten/kota sehingga dapat memberikan ijin belajar untuk semua peserta. Sebnyak 552 peserta yang ikut program ini di tahun ajaran 2017,” katanya.

Proses pembelajaran, tambah Jefrin, melalui tatap muka, kemudian melaksanakan pembelajaran mandiri sesuai kalender akademik yang sudah ditetapkan Poltekkes Kupang.

Kesiapan melaksanakan program percepatan peningkatan kualifikasi pendidikan juga disampaikan Poltekkes Merauke dan Poltekkes Aceh. drg. Usman berharap program ini bisa berjalan lancar di 400 institusi kesehatan lainnya. 

“Saya sangat mendukung program percepatan ini,” ungkap drg. Usman.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat,Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline (kode lokal) 1500-567,SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email HYPERLINK “mail to:kontak@kemkes.go.id” kontak@kemkes.go.id.

Kepala Biro Komunikasi dan
Pelayanan Masyarakat

drg. Oscar Primadi, MPH
NIP. 196110201988031013

Bagikan.

Tentang Penulis

Redaksi Sehat Negeriku

Tinggalkan Balasan