Pers Berperan Penting Tumbuhkan Germas

0

 

Padang, 9 Januari 2018

Bertepatan dengan Hari Pers Nasional (HPN), Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan Oscar Primadi dan Direktur Penyehatan Lingkungan Imran Nurali melakukan kunjungan media (media visit) ke redaksi Padang Ekspres, harian terbesar di Sumatera Barat (9/2).

Kunjungan dilakukan usai menghadiri acara HPN yang digelar di Danau Cimpago Pantai Padang di pusat kota Padang.

Pada kesempatan tersebut disampaikan bahwa derajat kesehatan sesuai teori Bloom paling besar dipengaruhi oleh lingkungan (40%) dan perilaku (30%). Sementara pelayanan kesehatan pengaruhnya hanya 20% dan faktor keturunan hanya 10% saja.

Dicontohkan adanya kasus gizi buruk dapat dipengaruhi faktor sosial budaya, soal geografi. Kebiasaan masyarakat yang lebih mengutamakan makanan bagi kepala keluarga dibanding anak dan istri yang sedang hamil, merupakan salah satu kondisi budaya disana yang berpengaruh pada pemenuhan gizi keluarga, khususnya gizi anak.

Terkait lingkungan dan perilaku dalam meningkatkan derajat kesehatan, sesungguhnya Pemerintah memiliki 2 langkah yaitu melalui program pendekatan keluarga dan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Dari sini masyarakat terus didorong untuk lebih mengutamakan tindakan promotif dan preventif.

“Gerakan ini sudah ditawarkan oleh pemerintah. Gerakan masyarakat hidup sehat dimana multi sektor ikut bersama-sama. Misalnya dengan membangun rumah yang sehat, membangun jalan yang sehat pertanian yang sehat. Demikian pula dengan Pemerintah Daerah yang selama ini sudah terlibat misalnya dengan melakukan kebijakan carfreeday. Hal ini sebagian daripada upaya-upaya untuk mengangkat derajat kesehatan kita,” ungkapnya.

Pers merupakan mitra potensial dalam mensukseskan pembangunan kesehatan. Oleh karenanya Kemenkes apresiasi dengan pers yang telah turut mensosialisasikan Germas.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline (kode lokal) 1500-567,SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id.(gi)

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat

Oscar Primadi

Bagikan.

Tentang Penulis

Redaksi Sehat Negeriku

Tinggalkan Balasan