Menkes Beri Penghargaan 9 Industri Farmasi dan Alat Kesehatan

0

Tangerang, 8 November 2018

Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek memberikan penghargaan kepada 9 industri yang bergerak di bidang kefarmasian dan alat kesehatan pada Pameran Pembangunan Kesehatan dan Produk Kesehatan Dalam Negeri. Perusahaan-perusahaan itu telah membantu Indonesia dalam mewujudkan kemandirian penggunaan alat kesehatan dan obat-obatan.

Menkes Nila mengatakan pameran tersebut menjadi momentum dalam mengenalkan produk alat kesehatan sekligus mendorong penggunaannya di dalam negeri.

“Acara ini (Pameran) yang keempat. Kami sangat mendorong agar produk dalam negeri ini lebih terangkat dan dipakai di dalam negeri bahkan ada yang sudah mengekspor. Tentu ini sangat membanggakan, artinya ada pengakuan dari pihak luar negeri sampai mau menggunakan produk kesehatan buatan Indonesia,” kata Nila.

9 Industri yang mendapat penghargaan itu, yakni, di bidang alat kesehatan ada PT. Swayasa Prakarsa, PT. Dipa Global Medtek, PT. Sugih Instrumendo Abadi, PT. Mega Andalan Kalasan, PT. Nipro Indonesia Jaya, PT. Paramount Bed Indonesia, dan di bidang kefarmasian ada PT. Kimia Farma Sungwun, PT. Kalbio Global Medika, dan PT. Ferron Par Pharmaceuticals.

Industri tersebut akan mengurangi ketergantungan produk impor dan mampu menjangkau ketersediaan produk secara nasional. Tak hanya di dalam negeri, industri tersebut telah melakukan ekspor ke beberapa negara di Asia, Amerika, Eropa, dan Timur Tengah.

Menkes mengimbau agar di rumah sakit, termasuk masyarakat dapat lebih banyak menggunakan produk alat kesehatan dalam negeri. Selain itu, Menkes mengharapkan inovasi-inovasi yang muncul dari profesi di bidang kesehatan atau universitas bisa menjadi produk kesehatan yang bisa digunakan oleh orang banyak.

Dalam pameran itu, Menkes berkesempatan melakukan kunjungan langsung ke booth pameran dan melihat bagimana manfaat, fungsi, dan cara kerja produk alat kesehatan. Ia pun berharap pameran alat kesehatan dapat digelar setiap tahun dengan inovasi-inovasi baru.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id. (D2)

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat

drg. Widyawati, MKM

Bagikan.

Tentang Penulis

Redaksi Sehat Negeriku

Tinggalkan Balasan