Kemenkes Pecahkan Rekor Dunia Isi Piringku

0

Jakarta, 18 November 2018

Dalam rangka puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengajak ribuan warga di Jakarta untuk menyantap makanan sesuai porsi Isi Piringku. Hal itu membuat Kemenkes mendapatkan penghargaan Rekor Dunia dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Sebanyak 3.284 orang yang ikut acara makan bersama sesuai Isi Piringku. Porsi Isi Piringku yang dianjurkan Kemenkes adalah Makanan pokok (sumber kabohidrat) dengan porsi 2/3 dari 1/2 piring.
Lauk pauk (sumber protein) dengan porsi 1/3 dari 1/2 piring. Sayur-sayuran (sumber vitamin dan mineral) dengan porsi 2/3 dari 1/2 piring dan buah-buahan (sumber vitamin dan mineral) dengan porsi 1/3 dari 1/2 piring.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengharapkan dengan digelarnya makan bersama yang diikuti ribuan orang ini dapat meningkatkan pemahaman tentang porsi makan yang ideal.

“Kita harapkan seluruh masyarakat Indonesia tahu dengan isi piringku untuk kita wujudkan bangsa Indonesia sehat, kuat, dan berdaya saing,” kata Menkes pada puncak HKN ke-54 di Jakarta, Minggu (18/11).

Menkes menjelaskan interpretasi dari tema HKN ke-54 “Ayo Hidup Sehat Mulai dari Diri Sendiri” bisa dimaknai bahwa sehat dimulai dari isi piringku, yakni apa yang dimakan sehari-hari.

“Kita bisa mendapatkan kesehatan dimulai dari apa yang kita makan,” ucap Menkes.

CEO dan Penggagas MURI, Jaya Suprana mengatakan dirinya untuk ke sekian kalinya menyampaikan penghormatan dan penghargaan kepada Menkes atas perjuangannya dalam meningkatkan kesehatan warga Indonesia.

“Masalah kesehatan langsung terkait dengan kesejahteraan masyarakat. Saya lihat ibu (Menkes) selalu gigih dan fokus meningkatkan kesehatan,” kata Jaya Suprana.

Jaya menilai gerakan makan sesuai porsi Isi Piringku merupakan hal yang baik sekali. Itu yang menjadi alasan dirinya memberikan piagam Rekor MURI kepada Menkes.

“Gerakan ini (makan sesuai Isi Piringku) bagus sekali, maka MURI menganugerahkan piagam penghargaan Rokor Dunia. Karena saya belum dengar gerakan isi piringku di negara lain,” kata Jaya.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id. (D2)

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat

drg. Widyawati, MKM

Bagikan.

Tentang Penulis

Redaksi Sehat Negeriku

Tinggalkan Balasan