Menkes Harap Pelayanan Sel Punca Sesuai Aturan

0

Jakarta, 24 November 2018

Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Nila Moeloek meresmikan pelayanan sel punca yang mencakup Laboratorium Stem Cell (sel punca), serta Bank Sel Punca dan Jaringan RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) pada Sabtu (24/11) di lingkungan gedung RSCM, Jakarta. Menkes berharap semua fasilitas layanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan sel punca dilaksanakan sesuai peraturan perundang-undangan.

“Saya berharap semua fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan sel punca harus sesuai dengan standar dan mengikuti peraturan perundang-undangan sehingga dapat dipertanggungjawabkan,” kata Menkes Nila, Sabtu (24/11) di lingkungan gedung RSCM, Jakarta.

Menkes menambahkan, sebagai rumah sakit rujukan nasional, RSCM telah banyak perubahan yang dicapai salah satunya pengembangan pelayanan kesehatan yang berbasis teknologi, namun memiliki biaya yang tinggi seperti stem cell (sel punca), transplantasi hati, dan transplantasi ginjal.

Terapi dengan sel punca dan rekayasa jaringan termasuk dalam wilayah kedokteran regenerative yang telah mengalami kemajuan pesat. Saat ini pelayanan kedokteran dalam bidang sel punca dan rekayasa jaringan mulai diterapkan di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

“Saat ini terdapat 11 rumah sakit yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan sebagai rumah sakit pengembangan pelayanan medis, penelitian, dan pendidikan bank jaringan dan sel punca. Dua di antaranya menjadi rumah sakit pengampu yaitu RSUP Nasional dr. Cipto Mangunkusumo dan RSUD dr. Sutomo,” kata Nila.

Pengembangan pelayanan sel punca di bidang pelayanan medis juga harus memperhatikan permasalahan etikolegal dan sosial. Apabila tidak diperhatikan akan berpotensi menimbulkan permasalahan dikemudian hari.

Oleh sebab itu, untuk melindungi keamanan dan keselamatan masyarakat, pemerintah perlu mengatur setiap pelayanan dan pemanfaatannya dengan standar yang sesuai Based Evidance Medicine, regulasi, dan kebijakan. Sehingga masyarakat berada dalam pihak yang tidak dirugikan.

Terkait hal itu, Kementerian Kesehatan RI telah mengeluarkan kebijakan terbaru mengenai pelayanan sel punca yaitu Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 32 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Sel Punca.

Peresmian pelayanan sel punca dilaksanakan pada hari ulang tahun RSCM ke-99. Menkes hadir didampingi direktur utama RSCM, dewan pengawas, direktur BPJS kesehatan, kepala dinas kesehatan provinsi dki jakarta, dan kepala biro umum Kemenkes.

Hari ulang tahun RSCM itu diisi dengan berbagai macam kegiatan seperti lomba jalan sehat tematik yang diikuti oleh seluruh departemen. Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan Pencanangan Gerakan Rumah Sakit Berbudaya Hiju dan Sehat (Berhias).

“Selamat ulang tahun ke–99, diiringi doa dan harapan agar kita senantiasa diberikan kesehatan dan keselamatan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” Ucap Menkes

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan email kontak@kemkes.go.id. (sev)

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat

drg. Widyawati, MKM

Bagikan.

Tentang Penulis

Redaksi Sehat Negeriku

Tinggalkan Balasan