Peran Tenaga Kesehatan Terus Dioptimalkan Pasca Tsunami

0

Lampung Selatan, 29 Desember 2018

Pos Pelayanan Kesehatan di Lapangan Tennis Indoor Kalianda, Lampung Selatan saat ini telah menampung sekitar 1049 pengungsi yang berasal dari Pulau Sibesi. Sementara 30 tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter, apoteker, ahli gizi, bidan, perawat dan tenaga kesehatan lingkungan telah disiapkan.

“Semua telah terpadu, melaksanakan pelayanan kesehatan sesuai Tupoksi, bantuan daerah, Kabupaten/Kotamadya Lampung Tengah, Utara dan lainnya sudah bergerak dalam memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan, fasilitas pelayanan kesehatan dan alat kesehatan,” jelas Suherman Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan (29/12). Meski hari libur, para tenaga kesehatan tetap bertugas membantu korban gempa. Tujuannya tidak lain agar para pengungsi dan korban lainnya mendapatkan pelayanan kesehatan seoptimal mungkin.

Kondisi para pengungsi pasca tsunami pada siang ini mulai banyak yang mengalami demam dan ISPA, tim kesehatan di pengungsian berupaya untuk selalu berkoordinasi dengan tim pusat untuk memprioritaskan ibu hamil, anak dan Lansia ke tempat yang lebih nyaman.

“Untuk obat-obatan, tenaga kesehatan dan logistik lainnya sudah cukup di sini, sampai saat ini belum ada yang mengalami penyakit kronis, jika terjadi maka tim akan mengirim pasien ke RSUD terdekat,” terang Suherman.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id. (Put)

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat

drg. Widyawati, MKM

Bagikan.

Tentang Penulis

Redaksi Sehat Negeriku

Tinggalkan Balasan