Jelang Tahun Baru, Menkes Sidak Kesiapan NCC PSC 119

0

Jakarta, 31 Desember 2018

Malam tahun baru menjadi momen yang dinanti oleh banyak orang. Setiap orang memiliki cara sendiri dalam memaknai tahun baru termasuk berwisata, berkendara keliling kota, hingga berkumpul di lapangan terbuka.

Kegiatan tersebut tentu mendatangkan risiko yang berhubungan dengan kesehatan dan keselamatan masyarakat, misalnya kecelakaan lalu lintas. Sebagai bentuk kesiapsiagaan, Kementerian Kesehatan melakukan sidak pelayanan kesehatan untuk memastikan bidang kesehatan selalu siaga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan pada masyarakat.

Sidak pertama dilakukan di National Command Center (NCC) Kementerian Kesehatan. NCC merupakan layanan 119 kolaborasi Nasional antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah, dimana terjadi integrasi layanan antara Pusat Komando Nasional atau NCC yang berada di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, dengan Public Safety Center (PSC) yang berada di tiap Kabupaten/Kota.

NCC ini sudah terkoordinasi dengan seluruh kabupaten di Indonesia.
Secara teknis, NCC menerima panggilan gawat darurat dari masyarakat melalui 119, misalnya terkait kebutuhan ambulans bagi korban kecelakaan. NCC akan berkoordinasi dengan fasilitas kesehatan terdekat kejadian kecelakaan tersebut untuk mengirimkan ambulans.

Bagi Kabupaten yang sudah terdapat PSC 119, maka kegawatdaruratan bisa ditangani oleh PSC di Kabupaten tersebut.

Menkes mengatakan sidak ini untuk memonitor kesiapan tim kesehatan dalam memberikan pelayan kesehatan yang baik kepada masyarakat dalam menyambut tahun baru.

“Kita melihat kesiapan pelayanan kesehatan. Di NCC dan PSC di daerah ini sudah siap tidak untuk saling bantu karena PSC ini tersebar di setiap daerah,” kata Menkes.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id. (D2)

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat

drg. Widyawati, MKM

Bagikan.

Tentang Penulis

Redaksi Sehat Negeriku

Tinggalkan Balasan