ASN Kementerian Kesehatan Teruslah Melayani dengan Hati

0

Jakarta, 18 November 2019

Masih dalam rangkaian Hari Kesehatan Nasional ke-55, Kementerian Kesehatan melalui Biro Kepegawaian menggelar acara Peningkatan Kapasitas ASN Kemenkes Sebagai Perekat dan Pemersatu Bangsa, di Balai Kartini, Jakarta pada Senin (18/11).

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putrano yang hadir sekaligus memberikan arahan dalam acara tersebut mengatakan bahwa apapun posisinya ASN Kementerian Kesehatan harus senantiasa melayani dengan setulus hati.

“Kuncinya anda harus melayani, jangan mau dilayani. Jabatan apapun, sebagai apapun harus melayani. Supaya cair, kalau tidak cair kalian tidak bisa merekat. Layani saja, pasti cair suasananya,” kata Menkes.

Ia menyontohkan bahwa melayani bisa dilakukan dengan hal-hal yang sederhana seperti memberikan air putih untuk pasien, memberikan senyum, ramah dan memberikan apa yang dibutuhkan oleh pasien maupun masyarakat.

Menurutnya dengan melayani maka akan berkontribusi positif bagi peningkatan pelayanan di fasilitas kesehatan, tak hanya ditingkat nasional bahkan Internasional.

“Saya yakin Rumah Sakit dengan budaya melayani akan menjadi kunci utama untuk bersaing dengan RS di seluruh dunia, mereka bukan mencari hebatnya dokter, tapi mereka butuh dilayani, disenyumi, betul-betul apa yang dibutuhkan dilayani, maka disitulah sumber kemampuan kita,” kata Menkes.

Lebih lanjut, Menkes pun berharap agar ASN Kementerian Kesehatan senantiasa mengedepankan hubungan vertikal dan horizontal, karena apapun yang dilakukan harus mengandalkan kekuatan Tuhan Yang Maha Kuasa, bukan hanya mengandalkan diri sendiri, karena keduanya merupakan kunci untuk mencapai keberhasilan.

“Kuncinya hanya 2, melayani dan bersyukur. Bersyukur itu hubungan vertikal, melayani itu hubungan horizontal, dan saya percaya apapun agama dan suku, maka kita mampu melayani dengan baik dan menjadi perekat bangsa,” ungkapnya.

Menkes yakin bahwa ASN Kementerian Kesehatan mampu memberikan pelayanan yang prima bagi terwujudnya SDM unggul Indonesia maju.

“Saya percaya ASN Kementerian Kesehatan bisa,” pungkasnya.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemenkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id. (Mus)

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat

drg. Widyawati, MKM.

Bagikan.

Tentang Penulis

Redaksi Sehat Negeriku

Tinggalkan Balasan