Ini Dia, 7 Jenis Buah untuk Mencegah Flu

0
Cegah flu menyerang, coba konsumsi 7 jenis buah dibawah ini./ Foto: Istimewa

Cegah flu menyerang, coba konsumsi 7 jenis buah dibawah ini./ Foto: Istimewa

Sobat sehati, cuaca yang berubah-ubah beberapa waktu belakangan ini dapat menyebabkan kondisi tubuh menurun. Mengonsumsi makanan yang bergizi saja, ternyata tak lantas menjamin tubuh jadi kebal terhadap penyakit, khususnya flu.

Salah satu penyebab utama penyakit flu adalah akibat menurunnya kekebalan tubuh. Nah, tambahan asupan buah-buahan dalam makanan sehari-hari bisa membantu tubuh menangkal flu yang dapat menyerang sewaktu-waktu.

Berbagai jenis buah dapat membantu tubuh kamu melawan virus dan bakteri yang menyerang, terutama pada kondisi cuaca tak menentu belakangan ini. “Vitamin yang terdapat dalam buah dapat membantu menjaga kekebalan tubuh dengan lebih baik, sehingga tubuh tak lekas rentan terhadap flu dan demam,” ujar Amy Howell, Ph.D, seorang peneliti di Rutgers University. Selain itu, beberapa jenis buah pun dapat membantu menurunkan resiko terserang penyakit jantung dan kanker.

Nah, dikutip dari Boldsky, berikut ini adalah 7 jenis buah yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu, sekaligus mencegah flu yang menyerang:

1. Apel

Buah apel merupakan salah satu sumber antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang terkandung dalam satu buah apel sama dengan 1500 mg vitamin C. Selain itu, buah apel juga sarat akan perlindungan flavanoid, yang sangat bermanfaat dalam mencegah terjadinya serangan jantung dan juga kanker.

2. Pepaya

Kandungan 250% RDA dari vitamin C yang terdapat dalam buah pepaya ternyata dapat menjaga tubuh kamu dari demam. Kandungan beta-karoten, vitamin C dan juga vitamin E dalam pepaya mengurangi peradangan yang terjadi di dalam tubuh dan mengurangi timbulnya asma.

3. Jeruk

Selain kaya akan vitamin C, buah jeruk juga berguna sebagai anti-oksidan bagi tubuh kita. Jeruk juga termasuk jenis buah yang rendah kalori, karenanya baik dikonsumsi bagi mereka yang mengalami obesitas.

4. Pisang

Pisang menjadi salah satu sumber vitamin B6 tertinggi jika dibandingkan buah-buahan lainnya. Pisang juga bisa mengurangi rasa letih, depresi, stres, dan insomnia. Kandungan magnesiumnya yang tinggi juga membantu membuat tulang kamu lebih kuat. Sedangkan potasium yang terkandung pada pisang dapat membantu mencegah serangan jantung dan tekanan darah tinggi.

5. Cranberries

Cranberries mengandung antioksidan yang tinggi, melebihi buah dan sayur pada umumnya. Satu ikat cranberry memiliki kandungan antioksidan 5 kali lebih banyak dibandingkan brokoli. Cranberry merupakan probiotik alami yang membantu memperbanyak bakteri baik dalam tubuh, dan melindungi tubuh dari penyakit yang terbawa dari makanan.

6. Jeruk Bali

Jeruk bali sarat akan vitamin C, selain itu juga mengandung senyawa alami yang disebut limonoid yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Jenis jeruk bali merah adalah sumber yang sangat potensial untuk melawan kanker karena kandungan lycopen-nya.

7. Kiwi

Mineral yang terkandung di dalam buah kiwi mampu meningkatkan kekuatan otot dan saraf. Di dalam buah kiwi juga tersimpan kandungan sekitar 90 hingga 110 miligram vitamin C. Buah kiwi juga dilengkapi oleh kandungan flavanoid dan karotenoid, yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta membantu pernafasan dan jantung. **MS

Bagikan.

Tentang Penulis

Redaksi Sehat Negeriku

Tinggalkan Balasan