Ini 5 Tips untuk Kurangi Risiko Diabetes

0
Banyak berolahraga, kurangi risiko diabetes./ Foto: Istimewa

Banyak berolahraga, kurangi risiko diabetes./ Foto: Istimewa

Sobat sehati, beberapa waktu lalu para ilmuwan dari National Institutes of Health (NIH) di Maryland, AS, telah melakukan penelitian bagaimana 5 faktor gaya hidup tertentu dapat mempengaruhi risiko diabetes.

Mereka menemukan bahwa secara individual, masing-masing faktor dapat menurunkan peluang risiko diabetes sekitar 30%, sementara kombinasi dari kelima gaya hidup tersebut dapat mengurangi risiko hingga 80% -bahkan jika kamu memiliki riwayat keluarga penderita diabetes.

Nah, berikut ini adalah 5 tips gaya hidup yang bisa membantu mengurangi risiko diabetes, seperti dikutip dari USA Today:

Kurangi berat badan

Semakin banyak lemak di tubuh kamu, semakin sulit bagi tubuh untuk memproduksi dan menggunakan insulin dengan baik, dimana ini dapat menyebabkan terlalu banyak glukosa dalam darah kamu. Obesitas merupakan faktor risiko utama diabetes, bahkan, studi dari NIH menunjukkan bahwa dengan hanya menjaga berat badan ideal saja, kamu dapat mengurangi risiko diabetes hingga 70%.

Lebih banyak bergerak

Olahraga membantu kamu menurunkan berat badan, menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Berolahraga, atau gerakkan tubuh kamu selama setidaknya 20 menit sehari. Jalan cepat adalah pilihan yang sangat baik, demikian pula dengan bersepeda. Sebuah studi terbaru dari University of California-Los Angeles (UCLA) menemukan bahwa peningkatan massa otot dapat membantu menurunkan risiko juga, jadi akan lebih baik lagi jika kamu juga melakukan latihan aerobik dan pembentukan otot dalam rutinitas kamu.

Konsumsi lebih banyak serat dan biji-bijian

Serat dan biji-bijian dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi risiko kamu. Makanan tinggi serat termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Tips makan lebih sehat: Pilihlah daging tanpa lemak dan produk susu non-fat, konsumsi ikan beberapa kali seminggu, memasak dengan minyak cair dan bukan lemak padat, serta mengurangi konsumsi makanan ringan dan manis.

Jangan merokok

Perokok berat -mereka yang merokok lebih dari 20 batang sehari- memiliki peluang hampir dua kali lipat terkena risiko diabetes, bila dibandingkan dengan yang tidak merokok.

Mengurangi minuman beralkohol

Minum sedikit alkohol oke-oke saja, namun jika terlalu banyak dan terlalu sering minum, dapat menyebabkan peradangan kronis pada pankreas, yang dapat mengganggu kemampuannya untuk memproduksi insulin dan akhirnya menyebabkan diabetes.

Sementara itu, melakukan hanya satu saja perubahan gaya hidup diatas ternyata dapat mengurangi risiko kamu untuk mengembangkan diabetes tipe 2 hingga sepertiganya, menurut sebuah studi terbaru yang mengumpulkan data kesehatan lebih dari 200.000 orang dewasa di AS. **MS

Bagikan.

Tentang Penulis

Redaksi Sehat Negeriku

Tinggalkan Balasan