Nih, Cara Sederhana Hilangkan Cegukan

0
Cegukan? Ini cara mudah untuk mengatasinya./ Foto: Istimewa

Cegukan? Ini cara mudah untuk mengatasinya./ Foto: Istimewa

Sobat sehati, yang satu ini pasti setiap orang pernah mengalaminya. Ya, cegukan bisa datang kapan saja tanpa peringatan. Dan kadang-kadang, ini bisa jadi memalukan lho.

Bayangkan, saat kamu sedang sidang skripsi di hadapan penguji, atau menghadiri rapat penting dengan pimpinan perusahaan, atau saat kamu sedang berada di podium untuk pidato, tiba-tiba si cegukan menyerang. Pastinya, ini bakal mengganggu penampilan kamu juga yah.

Nah, kenyataannya, beberapa teknik sederhana ternyata dapat menghentikan cegukan dengan cepat. Dikutip dari Times of India, berikut beberapa cara sederhana menghilangkan cegukan:

Menekan telapak tangan

Gunakan ibu jari tangan yang satu untuk menekan telapak tangan yang lain sekeras mungkin. Taktik lain adalah dengan menekan ibu jari tangan kiri kamu dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk tangan kanan kamu. Kamu mungkin akan merasa tidak nyaman, tetapi ini berfungsi sebagai pengalih rasa, yang mempengaruhi sistem saraf dan memiliki kemampuan untuk menghentikan cegukan kamu.

Menahan napas

Ambil napas panjang dan dalam, lalu tahan selama beberapa detik. Para ahli mengatakan, ketika ada penumpukan karbon dioksida dalam paru-paru, diafragma akan menjadi rileks dan menghentikan cegukan.

Menutup telinga

Tutup telinga kamu selama sekitar 20 sampai 35 detik. Pilihan lain adalah dengan menekan daerah lembut di belakang telinga kamu. Ini akan mengirimkan sinyal untuk bersantai melalui saraf vagus, yang terhubung ke diafragma.

Menjulurkan lidah

Yap, benar, julurkan lidah kamu keluar! Ini adalah trik yang umum digunakan oleh penyanyi dan aktor saat mereka akan tampil, karena metode ini dikenal untuk merangsang bukaan diantara pita suara. Ini akan membantu kamu bernapas lebih lancar, dan menghentikan kejang yang menyebabkan cegukan.

Menutup mulut

Letakkan tangan kamu di atas hidung dan mulut. Lanjutkan bernapas normal saat kamu melakukan hal ini. Ini akan menghentikan cegukan, karena terjadinya peningkatan dosis karbon dioksida.

Minum air dengan cepat

Ambil segelas air, dan coba minum sekitar 10 teguk dengan cepat tanpa berhenti. Ketika kamu menelan minuman, kontraksi ritmis osophagus akan memutus kejang pada diafragma dan menghentikan kamu dari cegukan. Selamat mencoba! **MS

Bagikan.

Tentang Penulis

Redaksi Sehat Negeriku

Tinggalkan Balasan