Tetap Sehat di Usia Lanjut

0

Jakarta, 29 Mei 2017

Tetap sehat di usia lanjut menjadi dambaan setiap orang. Karena itu perlu dipersiapkan sedari prausia lanjut (usia 45-59 tahun) bahkan selagi usia muda agar menjadi seorang lanjut usia yang potensial.

Menurut pasal 1 UU nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Usia Lanjut bahwa Lanjut Usia Potensial adalah lanjut usia yang masih mampu melakukan pekerjaan atau kegiatan yang dapat menghasilkan barang atau jasa.

Pola hidup menjadi salah satu faktor utama yang harus diperhatikan, terutama pola hidup sehat. Berikut adalah tips yang bisa dilakukan agar tetap sehat di usia lanjut:

1. Mendekatkan diri kepada Tuhan yang Maha Kuasa.
2. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur, sekurang-kurangnya 1 tahun sekali, untuk deteksi dini terhadap penyakit kronis, dan gunakan obat sesuai anjuran petugas kesehatan.
3. Pengaturan gizi/diet seimbang (Makanlah beraneka ragam makanan, diet sesuai kebutuhan gizi yang dianjurkan sesuai kondisi kesehatan meliputi sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, banyak makan sayur dan buah guna kebutuhan vitamin, mineral dan serat).
4. Memelihara kebersihan tubuh secara teratur (mandi 2x sehari dengan sabun mandi), dan gunakan pakaian, serta alas kaki yang nyaman dan aman.
5. Memelihara kebersihan gigi dan mulut (menggosok gigi sehari 2x), apabila menggunakan gigi palsu dilepas dan dibersihkan setiap hari.
6. Biasakan melakukan : – Aktivitas fisik (berjalan, mencuci, menyapu, dsb.) – Latihan fisik (senam, berjalan, berenang, dsb.) Sekurangnya 30 menit sehari 3 kali seminggu.
7. Jauhi asap rokok dan zat adiktif lainnya (tidak merokok, minuman keras, ganja).
8. Kembangkan hobi sesuai dengan kemampuan.
9. Istirahat yang cukup dan kelola stres dengan baik.
10. Terus melakukan kegiatan mengasah otak seperti :bermain catur, mengisi teka-teki silang, membaca buku, menari, bermain musik, bercerita, dan bersosialisasi.

Sumber: Kementerian Kesehatan. 2017. Buku Kesehatan Lanjut Usia. Jakarta: Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline (kode lokal) 1500-567,SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id.

Kepala Biro Komunikasi dan
Pelayanan Masyarakat

drg. Oscar Primadi, MPH
NIP.196110201988031013

Bagikan.

Tentang Penulis

Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat melaksanakan koordinasi dan pelaksanaan komunikasi publik melalui media massa dan opini publik, pelayanan informasi publik serta hubungan antar lembaga.

Tinggalkan Balasan