Bupati Kulonprogo: Rugi jika Ada yang Tidak Imunisasi HPV

0

Kulonprogo, 9 Oktober 2017

Sebagai salah satu kanker dengan jumlah penderita paling banyak menyerang perempuan, kanker leher rahim (kanker serviks) menjadi perhatian oleh pemerintah khususnya Kementerian Kesehatan. Penyakit yang 95% tersebar melalui virus ini berhasil merenggut sedikitnya 16 orang per harinya di seluruh dunia. Berbagai upaya yang dilakukan untuk menemukan pencegah timbulnya kanker ini ialah dengan melakukan Imunisasi Human Papilloma Virus (HPV).

Program Imunisasi Human Papilloma Virus ini sudah memasuki tahun kedua dalam pencanangannya di Indonesia. Tahun ini pencanangan Imuniasasi ini dilaksanakan di Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai kawasan pilihan. Sebagai salah satu Imuniasasi yang telah menjadi program pemerintah ini, Imunisasi HPV terbukti dapat menekan timbulnya penyakit kaker leher rahim apabila diberikan pada waktu yang tepat dengan dosis yang tepat.

Bupati Kulonprogo dr. H Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) menaruh perhatian besar terhadap upaya pengendalian kanker leher rahim tersebut dengan cara imunisasi HPV, pasalnya kanker leher rahim cukup berbahaya dan paling banyak meyerang wanita.

“95% kejadian kanker leher rahim (kanker serviks) adalah karena adanya Human Papilloma Virus yang menyerang dan salah satu pencegahannya ialah dengan melakukan vaksinasi sebelum timbulnya penyakit itu” jelas Hasto dalam penjelasannya kepada wartawan pada kegiatan Pencanangan Imunisasi HPV dalam Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di SDN Percobaan IV Wates.

Sebagai salah satu Dokter Spesialis Obstetri & Ginekologi (Kebidanan dan Kandungan), Bupati Kulonprogo paham betul akan bahaya yang ditimbulkan akibat jika tidak dilaksanakannya program imunisasi ini. Sebagai pencegahan, imunisasi ini diberikan untuk anak usia sekolah dasar yang belum aktif secara seksual karena usia tersebut dirasa masih aman untuk diberikan imunisasi dengan dua dosis pemberian.

“Alangkah ruginya apabila sudah tahu bisa dicegah dengan vaksin, kenapa tidak mau vaksin untuk mencegah?” imbuh Bupati Kulonprogo saat ditanya tentang kelompok yang tidak mau melakukan vaksinasi terhadap anak-anak mereka.

Sebagai bentuk dukungannya terhadap pelaksanaan imunisasi HPV di Kulonprogo, pemberian imunisasi terhadap peserta pertama dari SDN Percobaan IV dilakukan langsung oleh Bupati Kulonprogo. Selain berkesempatan diberikan Imunisasi HPV oleh Bupati, salah satu siswi yang menjadi peserta pertama tersebut medapatkan hadiah sepeda oleh Bupati Kulonprogo karena siswi tersebut berani untuk di imunisasi.

Bagikan.

Tentang Penulis

Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat melaksanakan koordinasi dan pelaksanaan komunikasi publik melalui media massa dan opini publik, pelayanan informasi publik serta hubungan antar lembaga.

Tinggalkan Balasan