Optimalisasi Sarana Kesehatan di Daerah Pinggiran

0

Jakarta, 12 Oktober 2017

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI terus meningkatkan jumlah sarana kesehatan, terutama di daerah pinggiran. Optimalisasi sarana kesehatan tersebut untuk memastikan masyarakat dapat memanfaatkan layanan kesehatan efektif.
Selama 2016, sebanyak 2.272 Puskesmas direhabilitasi, 1.200 pembangunan gedung peningkatan Puskesmas, dan 224 pembangunan baru Puskesmas.

 “Sebagai penyedia layanan kesehatan primer yang utama di masyarakat, Puskesmas diharapkan terus memperkuat kapasitasnya. Bukan saja dari sudut prasarana dan tenaga kesehatan, tetapi juga dari sudut bagaimana menjangkau masyarakat,” kata Menteri Kesehatan, Nila Moeloek.

 Kemenkes juga telah menyediakan sebanyak 308 Puskesmas Keliling (Pusling) jalur air, 1.604 Pusling roda empat dan 7.214 Pusling roda dua, serta 1.408 ambulans. Hal tersebut diupayakan untuk menjangkau masyarakat lebih luas, terutama bagi mereka yang kesulitan mendapatkan akses kesehatan karena kendala jarak atau geografis.

Selain itu, peningkatan sarana-prasarana dilakukan di 110 rumah sakit rujukan regional, 20 rujukan provinsi, dan 4 rumah sakit rujukan nasional. Peningkatan sarana di rs rujukan ini untuk memastikan adanya akses layanan kesehatan bagi masyarakat melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Peningkatan sarana kesehatan itu diharapkan dapat menjamin semua masyarakat dapat memanfaatkan layanan tersebut. Sehingga, berbagai kemungkinan yang berpotensi menyebabkan penyakit dapat dicegah pada waktu yang tepat.

“Adanya fasilitas kesehatan primer di suatu lokasi dan adanya akses untuk memperoleh layanan melalui JKN dan KIS, diharapkan semua masyarakat di tingkat akar rumput dapat memanfaatkan layanan tersebut,” kata Menkes Nila Moeloek.

Untuk mendorong efektivitas upaya tersebut, diperlukan dukungan multisektor yang berkelanjutan. Namun, menkes tetap menekankan peran tenaga kesehatan agar tetap proaktif dan memastikan masyarakat mendapatkan akses layanan kesehatan dengan mudah.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat,Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline (kode lokal) 1500-567,SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id.

Kepala Biro Komunikasi dan  

Pelayanan Masyarakat

  

drg. Oscar Primadi, MPH

NIP.196110201988031013

Bagikan.

Tentang Penulis

Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat melaksanakan koordinasi dan pelaksanaan komunikasi publik melalui media massa dan opini publik, pelayanan informasi publik serta hubungan antar lembaga.

Tinggalkan Balasan