Wujudkan Masyarakat Sehat Melalui Program Keluarga Sehat

0

Majalengka, 27 November 2017

Pemerintah Kabupaten Majalengka melalui Dinas Kesehatan terapakan Program Keluarga Sehat (Prokesga) dalam usaha mewujudkan masyarakat mandiri untuk hidup sehat. Program ini dilaksanakan oleh seluruh unsur kesehatan terutama Puskesmas dengan melalukan pendekatan keluarga melalui kunjungan ke setiap rumah.

“Setiap anggota rumah tangga dapat terpantau kondisi kesehatannya melalui data dan informasi profil kesehatan keluarga melalui kunjungan rumah. Pendekatan keluarga ini merupakan strategi pendekatan pelayanan terintegrasi antara upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat,” kata Wakil Bupati Majalengka, Karna Sobahi.

Melalui Prokesga, Puskesmas diharapakan dapat menangani permasalahan kesehatan dengan pendekatan siklus hidup dari mulai ibu hamil bersalin, nifas, bayi, anak-anak, remaja, dewasa, dan Lansia. Dengan demikian, tambah Karna, upaya mewujudkan keluarga sehat menjadi titik awal terwujudnya masyarakat sehat.

“Pemerintah daerah saat ini tengah merehabilitasi dua RSUD, yakni RSUD Majalengka dan RSUD Cideres. Selain itu juga meningkatkan kelas RS tersebut agar lebih optimal dalam memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat Majalengka,” ujar Dodo.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengapresiasi Prokesga tersebut dan itu merupakan upaya pencegahan. Pendekatan keluarga melalui Prokesga diperlukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Oleh karena itu Puskesmas harus proaktif melakukan edukasi, mengingatkan kepada masyarakat agar mereka mau berperilaku hidup sehat,” kata Nila Moeloek.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat,Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline (kode lokal) 1500-567,SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id.

Kepala Biro Komunikasi dan
Pelayanan Masyarakat

drg. Oscar Primadi, MPH
NIP. 196110201988031013

Bagikan.

Tentang Penulis

Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat melaksanakan koordinasi dan pelaksanaan komunikasi publik melalui media massa dan opini publik, pelayanan informasi publik serta hubungan antar lembaga.

Tinggalkan Balasan