Jakarta, 10 November 2017
Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek meresmikan Kantin Sehat usai senam rutin hari Jumat di gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Jumat (10/11). Berbagai kegiatan dilakukan untuk mewujudkan kantin sehat.
Dalam mewujudkan kantin sehat tersebut 15 orang pengelola melakukan benchmark pada beberapa kantin yang sudah berjalan dengan baik seperti kantin FKMUI dan IKEA Serpong. Selain itu, menyediakan dukungan sarana kantin, peningkatan kualitas sanitasi dan kesehatan keselamatan kerja (K3) serta kenyamanan visual, pembinaan dan pelatihan kepada penjamah makanan, serta uji kualitas makanan dan minuman.
Kantin sehat Kemenkes terdiri dari 25 gerai dengan kapasitas sebanyak 248 orang. Terdapat lebih dari 80 jenis makanan dan minuman yang tersaji di sana.
Kantin tersebut dikelola oleh Dharma Wanita Persatuan Kemenkes dengan memberlakukan sistem self service, yakni pembeli memilih menu, kemudian melakukan pembayaran di kasir, setelah itu pembeli mengambil pesanan di gerai makanan, dan menyantapnya.
Ada hal yang harus diperhatikan oleh pengunjung, yakni setelah menikmati makanan, pembeli membawa peralatan makan kotor ke rak piring kotor yang telah disediakan.
Kantin Sehat Kemenkes sebelumnya menempati ruang pada sisi selatan gedung Kemenkes. Keberadaan kantin tersebut tidak sesuai dengan standar higiene. Kantin itu terletak di atas instalasi pengolahan air limbah (IPAL) dan berdampingan dengan tempat pembuangan sampah sementara.
Selain itu, perbandingan antara jumlah pengunjung pada waktu jam istirahat kantor dengan jumlah meja dan kursi tidak proporsional (terlalu padat).
Berbagai permasalahan tersebut saat ini sudah teratasi dengan dibangunnya kantin sehat di basement 1 gedung Sarana Penunjang Kemenkes dengan luas 757,56 meter kubik.
Kantin sehat Kemenkes yang terletak di basement 1 sudah beroperasi selama 5 bulan dan telah sesuai dengan ketentuan higiene berdasarkan Permenkes nomor 1096 tahun 2001 tentang Higiene Sanitasi Jasa Boga. Diharapkan kantin sehat Kemenkes dapat menjadi contoh penyelenggaraan kantin khususnya bagi kantin pada lingkungan kementerian/lembaga.
Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat,Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline (kode lokal) 1500-567,SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id.
Kepala Biro Komunikasi dan
Pelayanan Masyarakat
drg. Oscar Primadi, MPH
NIP.196110201988031013