Sehat Negeriku
No Result
View All Result
Jumat, 03/02/2023
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
No Result
View All Result
Sehat Negeriku
No Result
View All Result

Sambung Rasa Online Dokter Puskesmas dengan Masyarakat melalui Tele Sehat

Rokom by Rokom
19 Januari 2021
Reading Time: 2 mins read
A A
0
Aplikasi Tele sehat menjadi layanan daring iyang mempersatukan dokter desa sebagai pengendali sistem kesehatan masyarakat dan jajaran pemerintah daerah.

Aplikasi Tele sehat menjadi layanan daring iyang mempersatukan dokter desa sebagai pengendali sistem kesehatan masyarakat dan jajaran pemerintah daerah.

Bagikan di FacebookBagikan di WhatsappBagikan di Line

Pekanbaru, 7 Oktober 2020

Dalam Kunjungannya ke Provinsi Riau, Ketua tim Taskforce penanganan COVID-19 Kementerian Kesehatan untuk provinsi Riau, dr. Mariya Mubarika, SKM sekaligus melakukan sosialisasi mengenai aplikasi Tele Sehat (06/10).

Tele Sehat merupakan sarana sambung rasa atau komunikasi antara dokter Puskesmas dengan masyarakat secara online, berbasis website. Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat berinteraksi langsung dengan dokter puskesmas seputar masalah Kesehatan tanpa harus mendatangi fasilitas pelayanan Kesehatan, sebagai keuntungannya tidak ada cross Infection, karena dokter dapat mengatur edukasi dan proses triase (pemeriksaan) pasien. dr. Mariya yakin kehadiran Tele Sehat akan memperkuat fungsi dan kerja pelayanan primer.

“Keuntungannya tidak ada cross infection untuk penggunaan tele sehat” tambah dr. Mariya

Penggunaan tele sehat sangat mudah. Cukup membuka website https://telesehat.kemkes.go.id/ pengguna akan diberi tiga pilihan menu, yaitu edukasi, konsultasi, dan faskes (Fasilitas Kesehatan) terdekat. Untuk berkonsultasi dengan dokter puskesmas, pengguna cukup memilih menu konsultasi, kemudian memilih daerah yang dituju, kemudian memilih satu dari daftar puskesmas yang ada, dan akan langsung terhubung dengan kontak Whatsapp dokter puskesmas.

Pemerintah Provinsi Riau menyambut baik keberadaan aplikasi Tele sehat ini. Sebagai tindak lanjut dilakukan pertemuan antara Tenaga Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Informasi Joy Gabriel dengan Dinas Komunikasi dan Informatika untuk mengembangkan tele sehat di provinsi Riau (7/10).

Pada kesempatan yang sama juga disosialisasikan mengenai SIPGAR yang merupakan aplikasi Pengukuran Kebugaran Jasmani secara Mandiri. Aplikasi SIPGAR dapat diunduh di playstore untuk pengguna android dan melakukan tes Kebugaran (Rockport Test) di tempat masing-masing.

Kepala DInas Komunikasi, indormatika, dan Statistik Provinsi Riau Drs. H. Chairul Riski, MS,MP menyatakan bahwa Pemerintah riau akan mengintegrasikan aplikasi telesehat dan SIPGAR ke dalam situs https://corona.riau.go.id/ yang merupakan situs tanggap COVID-19 milik Pemerintah Daerah setempat.

“Secara prinsip kami Insya Allah akan mengatur hal ini, menerapkan aplikasi ini ke dalam situs https://corona.riau.go.id/” tegasnya

Tentang Tele Sehat

Tele sehat Pertama kali diluncurkan di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah pada 1 Juni 2020 dengan slogan Membangun Kesehatan Bersama. Terdapat tiga fitur dalam Telesehat yaitu Edukasi, Konsultasi, dan Faskes terdekat. Pada fitur edukasi, pengguna disuguhkan dengan informasi seputar protokol Kesehatan, tatanan hidup baru dan sebagainya. Sementara pada fitur Konsultasi, pengguna disuguhkan tata cara untuk berkonsultasi secara online dengan dokter puskesmas. Pada fitur faskes terdekat disajikan alamat beserta kontak fasilitas pelayanan Kesehatan dasar.

Sebagai telemedicine, aplikasi Tele Sehat memiliki keunikan fitur konsultasi yang langsung menghubungkan masyarakat dengan dokter di Puskesmas sebagai satuan fasilitas pelayanan Kesehatan terkecil.
Saat ini Tele Sehat juga terintegrasi dengan aplikasi Sehat Pedia yang merupakan sarana edukasi, informasimelayani konsultasi online dengan dokter di Fasilitas pelayanan Kesehatan Rujukan atau Rumah Sakit.

Hotline Virus Corona 119 ext 9. Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor hotline Halo Kemenkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id (NI)

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat

drg. Widyawati, MKM

Tags: Aplikasi Tele SehatTask Force RiauTele sehat
ShareSendShare
Rokom

Rokom

Redaksi Sehat Negeriku

Informasi Terkait

blank

Sukseskan Reformasi Rumah Sakit, Menkes Akan Tiru Inovasi Pelayanan Kesehatan di RSUD dr. Iskak Tulungagung

2 Februari 2023
blank

Kemenkes Bersama Komisi IX DPR RI Pastikan Penyiapan Fasilitas Kesehatan di Ibu Kota Nusantara (IKN)

2 Februari 2023
blank

Menkes Budi Minta pokja RCCE Dukung Komunikasi Penyakit Lainnya

2 Februari 2023
blank

Inovasi Teknologi Kesehatan Perlu Peran Universitas

2 Februari 2023
blank

Kemenkes Perkuat Rantai Logistik Vaksin Untuk Daerah Terpencil

31 Januari 2023
blank

Indonesia Bangun Center of Excellence Penyakit Katastropik Wilayah Timur

31 Januari 2023
Next Post
blank

Poltekes Kemenkes Riau Diharapkan Mampu Menajwab Kebutuhan Tenaga Kesehatan Penanganan COVID-19 di Riau

blank

Peningkatan Sinergi Pusat dan Daerah menjadi Solusi Penanganan COVID-19 di Provinsi Jawa Barat

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tweet oleh @KemenkesRI
Berita Utama

Indonesia Sampaikan Kesiapan Kolaborasi dalam Pembahasan Isu Kesehatan Presidensi G20 Tahun 2022

13 September 2021
Berita Utama

Kemenkes Tingkatkan Layanan Kesehatan Gigi dan Mulut Yang Aman Dari Penularan COVID-19

12 September 2021
Berita Utama

Wamenkes Dante Minta Masyarakat Waspadai Lonjakan Kasus COVID-19

11 September 2021
Berita Utama

Belajar dari Pandemi COVID-19, Menkes Ingatkan Pentingnya Perencanaan Pembangunan yang Memperhatikan Aspek Kesehatan dan Lingkungan

11 September 2021

Rekomendasi Artikel

blank

Sertifikat Vaksin & Data Bermasalah? Ini Solusinya

14 Agustus 2021
blank

Terlambat Vaksinasi COVID-19 Dosis Kedua Tidak Akan Pengaruhi Efektivitas Vaksin

3 Agustus 2021
blank

Kemenkes Tegaskan Vaksin Moderna Hanya untuk Booster Nakes dan Publik yang Belum Pernah Menerima Vaksin COVID-19

13 Agustus 2021

Berita Populer

  • blank

    Penerima Vaksinasi COVID-19 dapat Registrasi via WA

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin COVID-19 Merek Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Novavax Tidak Dapat Dipergunakan untuk Vaksinasi Gotong Royong

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pemerintah Tetapkan Batasan Tarif Pemeriksaan Rapid Test Antigen-Swab

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin AstraZeneca Aman, Penghentian Sementara Hanya Pada Kelompok CTMAV547

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Virus Corona Varian Baru B.117, B.1351, B.1617 Sudah Ada di Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Sehat Negeriku

Sehat Negeriku adalah kanal berbagi informasi tentang kegiatan Kementerian Kesehatan, baik berupa rilis yang dikeluarkan Kemenkes, dokumentasi foto dan video, maupun tulisan ringan seputar info-info kesehatan.

Jejaring Website Terkait

  • Kementerian Kesehatan RI
  • Biro Komyanmas

Informasi Lainnya

  • Tentang Sehat Negeriku
  • Peta Situs
blank
Infografis

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

31 Mei 2019
blank
Infografis

Lebaran Sehat

19 Februari 2019
blank
Infografis

Mudik Sehat dan Aman

19 Februari 2019
blank
Infografis

Lansia Indonesia

19 Februari 2019
blank
Infografis

Sahur Sehat

19 Februari 2019

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.

No Result
View All Result
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.