Sehat Negeriku
No Result
View All Result
Selasa, 07/02/2023
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
No Result
View All Result
Sehat Negeriku
No Result
View All Result

HUT ke 101, RSCM Luncurkan Aplikasi Telekonsultasi Siap Dok

Rokom by Rokom
19 Januari 2021
Reading Time: 2 mins read
A A
2
blank
Bagikan di FacebookBagikan di WhatsappBagikan di Line

Jakarta, 21 November 2020

RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo tahun ini menginjak usia 101 tahun pada tanggal 21 November 2020. Pada hari jadinya ini, RSCM meluncurkan layanan telekonsultasi berbasis aplikasi yaitu Siap Dok.

Sejak Pandemi COVID-19, hampir seluruh layanan rumah sakit terbatas dan beralih menjadi telekonsultasi. Hal ini sejalan dengan terbitnya Surat Edaran Menteri Kesehatan No. 303 Tahun 2020 dan Peraturan Konsil Kedokteran No 74 tahun 2020 terkait Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi.

Sebagai Rumah Sakit Pusat Rujukan Nasional milik pemerintah, RSCM turut berpartisipasi sebagai aktor pendorong Telekonsultasi yang bermutu, dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan pasien. Sebagai pilot project Kementrian Kesehatan untuk jadi Rumah Sakit Kelas Dunia (world class hospital), RSCM juga didukung Kementrian Komunikasi dan Informatika khususnya oleh BLU BAKTI, serta Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk berkolaborasi dalam percepatan implementasi Telekonsultasi untuk masyarakat yang membutuhkan.

“Globalisasi mempengaruhi perubahan di semua sektor tidak terkecuali di bidang kesehatan. Dengan kata lain, mau tidak mau dampak globalisasi harus menjadi prioritas” ucap Menkes Terawan saat meresmikan peluncuran aplikasi Siap Dok secara virtual.

Pada era digitalisasi seperti saat ini, telekonsultasi telah marak diperbincangkan. Teknologi ini memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi jarak jauh dengan dokter secara daring dalam proses penegakan diagnosis, maupun pertimbangan terhadap terapi. Tidak terbatas disana, telekonsultasi juga dapat dimanfaatkan oleh sesama dokter dalam mendiskusikan suatu kasus atau penyakit.

Menurut Menkes Terawan, salah satu strategi yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan dalam upaya peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan masyarakat adalah dengan meningkatkan pemanfaatan teknologi dan informasi, yaitu salah satunya dengan telemedicine Indonesia. RSCM menjawab kebutuhan akan akses pemanfaatan teknologi dan informasi tersebut melalui Siap Dok.

Selain itu, Direktur Utama RSCM Lies Dina Liastuti juga menyebut layanan telekonsultasi Siap Dok milik RSCM tersebut bukan hanya bagi pasien dan dokter, namun layanan tersebut juga bisa digunakan sebagai medium transfer ilmu dari sesama dokter antar rumah sakit yang bekerja sama dengan RSCM.
“Jadi ada transfer keilmuan, dokter bisa saling konsultasi. Jadi bukan pasien ke dokter saja, tapi dokter ke dokter,” sebut Liastuti.

Turut hadir dalam peluncuran aplikasi ini Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Prof Abdul Kadir. Beliau menambahkan bahwa Teknologi ini harus disikapi dengan bijak dan penuh kehati-hatian. Layanan ini seharusnya “berinduk” pada rumah sakit yang memiliki fasilitas pemeriksaan, perawatan, pengobatan, dan rekam medik yang terintegrasi. Maka, sudah sangat tepat bila RSCM meluncurkan layanan Telekonsultasi dan wajib menjaga keselamatan pasien dengan sebaik-baiknya.

Launching Layanan Telekonsultasi RSCM ini dirangkaikan dengan peringatan HUT 101 Tahun RSCM yang bertema “Embracing Our Next Century Through Improved Medical Services”. Menempuh kiprah di awal abad kedua, RSCM akan senantiasa berkontribusi dan berperan aktif dalam membantu Pemerintah dalam menyediakan pelayanan, pendidikan dan penelitian kesehatan, sesuai visinya: “menolong, memberikan yang terbaik”.

Hotline Virus Corona 119 ext 9. Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor hotline Halo Kemenkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id (AND)

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat

drg. Widyawati, MKM

Tags: HUR RSCM 101RSCMSIAP DOK
ShareSendShare
Rokom

Rokom

Redaksi Sehat Negeriku

Informasi Terkait

blank

RSCM Masuk Peringkat 36 Dunia Pada Academic Medical Center 2023

7 Februari 2023
blank

Kemenkes Kejar Target Semua RS Bisa Layani Pasien Kanker

7 Februari 2023
blank

Dukung Peningkatan Layanan Jantung Anak di Indonesia, IDAI-PERKI Tandatangani MoU

6 Februari 2023
blank

Deteksi Dini Stroke, RS PON Hadirkan Layanan Unggulan Brain Check Up

7 Februari 2023
blank

Kasus Baru Gangguan Ginjal Akut Pada Anak, Pemerintah Siapkan Langkah Antisipatif

6 Februari 2023
blank

Atasi Dengue, Kemenkes Kembangkan Dua Teknologi ini

7 Februari 2023
Next Post
blank

Kemenkes Antisipasi Kenaikan Kasus dan Klaster Pasca Kerumunan Massa

blank

Hari Cerebral Palsy Dunia, Tingkatkan Kepedulian Stakeholder

Comments 2

  1. blank Affandi Rahim says:
    2 tahun ago

    Terima kasih RSCM telah merawatku
    Pertahankan prestasi dan Lebih ditingkatkan Pelayanannya.

    Balas
  2. blank Affandi Rahim says:
    2 tahun ago

    Kuar biasa

    Balas

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tweet oleh @KemenkesRI
Berita Utama

Indonesia Sampaikan Kesiapan Kolaborasi dalam Pembahasan Isu Kesehatan Presidensi G20 Tahun 2022

13 September 2021
Berita Utama

Kemenkes Tingkatkan Layanan Kesehatan Gigi dan Mulut Yang Aman Dari Penularan COVID-19

12 September 2021
Berita Utama

Wamenkes Dante Minta Masyarakat Waspadai Lonjakan Kasus COVID-19

11 September 2021
Berita Utama

Belajar dari Pandemi COVID-19, Menkes Ingatkan Pentingnya Perencanaan Pembangunan yang Memperhatikan Aspek Kesehatan dan Lingkungan

11 September 2021

Rekomendasi Artikel

blank

Sertifikat Vaksin & Data Bermasalah? Ini Solusinya

14 Agustus 2021
blank

Terlambat Vaksinasi COVID-19 Dosis Kedua Tidak Akan Pengaruhi Efektivitas Vaksin

3 Agustus 2021
blank

Kemenkes Tegaskan Vaksin Moderna Hanya untuk Booster Nakes dan Publik yang Belum Pernah Menerima Vaksin COVID-19

13 Agustus 2021

Berita Populer

  • blank

    Penerima Vaksinasi COVID-19 dapat Registrasi via WA

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin COVID-19 Merek Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Novavax Tidak Dapat Dipergunakan untuk Vaksinasi Gotong Royong

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pemerintah Tetapkan Batasan Tarif Pemeriksaan Rapid Test Antigen-Swab

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin AstraZeneca Aman, Penghentian Sementara Hanya Pada Kelompok CTMAV547

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Virus Corona Varian Baru B.117, B.1351, B.1617 Sudah Ada di Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Sehat Negeriku

Sehat Negeriku adalah kanal berbagi informasi tentang kegiatan Kementerian Kesehatan, baik berupa rilis yang dikeluarkan Kemenkes, dokumentasi foto dan video, maupun tulisan ringan seputar info-info kesehatan.

Jejaring Website Terkait

  • Kementerian Kesehatan RI
  • Biro Komyanmas

Informasi Lainnya

  • Tentang Sehat Negeriku
  • Peta Situs
blank
Infografis

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

31 Mei 2019
blank
Infografis

Lebaran Sehat

19 Februari 2019
blank
Infografis

Mudik Sehat dan Aman

19 Februari 2019
blank
Infografis

Lansia Indonesia

19 Februari 2019
blank
Infografis

Sahur Sehat

19 Februari 2019

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.

No Result
View All Result
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.