Sehat Negeriku
No Result
View All Result
Selasa, 09/08/2022
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
No Result
View All Result
Sehat Negeriku
No Result
View All Result

Demi Memulangkan Pasien Tanazul

Rokom by Rokom
20 Juli 2022
Reading Time: 2 mins read
A A
0
blank
Bagikan di FacebookBagikan di WhatsappBagikan di Line

Makkah, 19 Juli 2022

“Pak, bangun pak”
“Pak, ayo bangun, mulih (pulang) pak ke Indonesia”

Bergantian, baik dokter maupun perawat membangunkan salah satu pasien tanazul yang seolah olah tidur, pada saat persiapan kepulangan. Namun yang bersangkutan tidak bergeming. Butuh waktu kurang lebih 90 menit bagi tim untuk bisa akhirnya membangunkan pasien.

“Bapak ini sedang malingering” ujar dokter spesialis kedokteran jiwa Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah, dr. Endah Tri Lestari, Sp.KJ

Malingering, menurut dr. Endah bukanlah kondisi terkait fisik maupun psikologis yang sebenarnya, melainkan tindakan berpura-pura sakit yang memang sengaja dipalsukan untuk mendapatkan manfaat tertentu. Ini adalah murni dari hasil keinginan seseorang, bukan karena adanya kondisi medis atau psikologis yang perlu dikhawatirkan.

Pasien adalah jemaah haji asal embarkasi Surabaya yang mengikuti proses tanazul dan dipulangkan pada Senin, 18 Juli Pukul 19.15 Waktu Arab Saudi. Yang bersangkutan merupakan pasien psikiatri di KKHI Makkah.

Pasien dijadwalkan berangkat bersama tim pendamping tanazul pukul 13.15, enam jam sebelum waktu keberangkatan pesawat di 19.15. Tim kesehatan bandara memberikan waktu sampai pukul 15.00 bagi tim tanazul evakuasi KKHI untuk memastikan kondisi pasien transportable.

“Pasien tanazul dengan kondisi duduk, harus dibuktikan kalau beliau dalam kesadaran yang baik” ujar Penanggung Jawab Tanazul KKHI Makkah, dr. Itah Sri Utami, Sp.KP

Jika sampai waktu yang ditentukan, pasien tidak bergeming, maka yang bersangkutan akan dibatalkan tanazulnya, meski kondisi vitalnya terpantau baik.

Kondisi vital pasien sebelum keberangkatan terpantau baik, sampai sebelum waktu keberangkatan terus dilakukan pemeriksaan. Baik tensi, maupun saturasi oksigen. Pengecekan terhadap gula darah sewaktu juga baik, mengingat pasien memiliki komorbid diabetes melitus.

Pada pukul 14.20 pasien mau dibangunkan dan duduk sendiri. Akhirnya tim pendamping berangkat bersama yang bersangkutan pukul 14.24 waktu setempat dari KKHI Makkah menuju Bandara King Abdul Aziz (KIAA) Jeddah.

Tim pendamping terdiri dari satu orang dokter umum yaitu dr. Sasti Isana, satu perawat Soni Budiono, dan satu perawat jiwa Siti Aminah.

Tim pendamping dibekali dokumen yang dibutuhkan, mulai dari surat permohonan pencabutan paspor, resume medis, paspor pasien, serta surat jalan dari kepala Daerah Kerja, serta surat masuk atau surat izin bandara.

Tim juga dibekali dengan emergency kit jika dibutuhkan tindakan kegawatdaruratan selama proses pengiriman pasien ke Bandara.

“Dipastikan juga pasien dilengkapi dengan obat obatan yang dibutuhkan selama di perjalanan” tambahnya.

Kurang lebih selama satu setengah jam perjalanan, tim pendamping dan matsari tiba di bandara KIAA. Sekitar pukul 16.00 WAS, tim langsung disambut oleh tim kesehatan bandara untuk serah terima pasien beserta dokumen yang dibutuhkan.

Yang bersangkutan langsung dibawa ke pos kesehatan oktagon oleh tim kesehatan bandara. Karena kondisi pasien yang sempat merajuk setibanya di Bandara, tim pendamping, khususnya perawat jiwa tetap menemani.

“Di sini wae (saja), adem (dingin)” rajuknya, terduduk di trotoar setelah berjalan kurang dari 10 langkah setelah turun dari ambulans.

Setelah dibujuk, yang bersangkutan mau di papah untuk kemudian di bawa ke poskes oktagon. Setelah menunggu kurang lebih selama satu jam, jemaah kemudian di bawa ke ruang tunggu, untuk kemudian terbang pulang ke Indonesia pukul 19.15 waktu setempat.

Hotline Virus Corona 119 ext 9. Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor hotline Halo Kemenkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id. (NI)

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik

drg. Widyawati, MKM

ShareSendShare
Rokom

Rokom

Redaksi Sehat Negeriku

Informasi Terkait

blank

Dukung Transformasi Digital Kesehatan, Kemenkes Beri Penghargaan Bagi Para Inovator Kesehatan

8 Agustus 2022
blank

KKHI Madinah Masih Rawat Satu Jemaah ONH Plus

8 Agustus 2022
blank

Penyematan Pin PPIH Arab Saudi Bidang Kesehatan Sebagai Ungkapan Terima Kasih

6 Agustus 2022
blank

Intervensi Gizi Mampu Turunkan Prevalensi Stunting di Kabupaten Sragen

6 Agustus 2022
blank

KKHI Makkah Selesai Operasional, 2.380 jemaah terlayani

5 Agustus 2022
blank

Potensi Besar, Kemenkes Dukung Kebangkitan Wisata Kebugaran di Indonesia

5 Agustus 2022
Next Post
blank

Saka Bakti Husada Miliki Peran Penting dalam Transformasi Kesehatan

blank

KKHI Madinah Siap Sambut Jamaah Haji Gelombang Dua

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tweet oleh @KemenkesRI
Berita Utama

Indonesia Sampaikan Kesiapan Kolaborasi dalam Pembahasan Isu Kesehatan Presidensi G20 Tahun 2022

13 September 2021
Berita Utama

Kemenkes Tingkatkan Layanan Kesehatan Gigi dan Mulut Yang Aman Dari Penularan COVID-19

12 September 2021
Berita Utama

Wamenkes Dante Minta Masyarakat Waspadai Lonjakan Kasus COVID-19

11 September 2021
Berita Utama

Belajar dari Pandemi COVID-19, Menkes Ingatkan Pentingnya Perencanaan Pembangunan yang Memperhatikan Aspek Kesehatan dan Lingkungan

11 September 2021

Rekomendasi Artikel

blank

Sertifikat Vaksin & Data Bermasalah? Ini Solusinya

14 Agustus 2021
blank

Terlambat Vaksinasi COVID-19 Dosis Kedua Tidak Akan Pengaruhi Efektivitas Vaksin

3 Agustus 2021
blank

Kemenkes Tegaskan Vaksin Moderna Hanya untuk Booster Nakes dan Publik yang Belum Pernah Menerima Vaksin COVID-19

13 Agustus 2021

Berita Populer

  • blank

    Penerima Vaksinasi COVID-19 dapat Registrasi via WA

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin COVID-19 Merek Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Novavax Tidak Dapat Dipergunakan untuk Vaksinasi Gotong Royong

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pemerintah Tetapkan Batasan Tarif Pemeriksaan Rapid Test Antigen-Swab

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin AstraZeneca Aman, Penghentian Sementara Hanya Pada Kelompok CTMAV547

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Virus Corona Varian Baru B.117, B.1351, B.1617 Sudah Ada di Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Sehat Negeriku

Sehat Negeriku adalah kanal berbagi informasi tentang kegiatan Kementerian Kesehatan, baik berupa rilis yang dikeluarkan Kemenkes, dokumentasi foto dan video, maupun tulisan ringan seputar info-info kesehatan.

Jejaring Website Terkait

  • Kementerian Kesehatan RI
  • Biro Komyanmas

Informasi Lainnya

  • Tentang Sehat Negeriku
  • Peta Situs
blank
Infografis

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

31 Mei 2019
blank
Infografis

Lebaran Sehat

19 Februari 2019
blank
Infografis

Mudik Sehat dan Aman

19 Februari 2019
blank
Infografis

Lansia Indonesia

19 Februari 2019
blank
Infografis

Sahur Sehat

19 Februari 2019

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.

No Result
View All Result
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.