Sehat Negeriku
No Result
View All Result
Sabtu, 21/06/2025
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Mediakom
  • Majalah
Langganan Newsletter
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Mediakom
  • Majalah
No Result
View All Result
Sehat Negeriku
No Result
View All Result

Soft Skills Menjadi Kunci Keberhasilan Dalam Mengawal Jemaah Haji Indonesia

Rokom by Rokom
30 Juli 2022
Reading Time: 2 mins read
A A
0
blank
Bagikan di FacebookBagikan di WhatsappBagikan di Line

Madinah, 29 Juli 2022

Setiap Tenaga Kesehatan Haji Indonesia harus memiliki soft skills dalam mendampingi Jemaah Haji Kloter. Kemampuan komunikasi menjadi kunci keberhasilan bagi TKHI dalam mengawal kesehatan jemaah haji di level hilir. Sebagai pihak yang selalu membersamai jemaah, para TKH dianggap yang paling mengetahui kondisi di lapangan dan kondisi jemaah di kloternya.

“Kalian yang paling tau kondisi jemaah di lapangan seperti apa, sehingga soft skills dalam berkomunikasi menjadi penentu keberhasilan kita semua di sini” ujar Kepala Pusat Kesehatan Haji, dr. Budi Sylvana, MARS, M.H saat berdialog dengan TKHI di Madinah, Kamis (28/7) sore waktu setempat.

Apalagi mengingat di musim haji tahun ini terjadi pengurangan jumlah TKHI Kloter dari yang sebelumnya tiga menjadi dua orang. Tentunya semakin meningkatkan beban pelayanan kesehatan di kloter. Ditambah lagi waktu persiapan yang singkat bagi TKHI untuk mengenali kondisi kesehatan jemaah kloter. Sehingga pihaknya sangat menghargai kreatifitas yang dilakukan TKH dalam mengawal jemaah haji.

“Saya harus akui itu, teman teman bekerja hanya dua orang tapi bisa mengawal jemaah dengan efektif” apresiasi dr. Budi.

Pada kesempatan tersebut juga para TKHI diberikan kesempatan untuk saling berbagi pengalaman dalam mengawal jemaah haji. Salah satunya dr. Regina yang merupakan TKHI dari embarkasi palembang. Menurutnya, pemanfaatan media sosial khususnya komunikasi melalui WhatsApp Group (WAG) secara masif, menjadi solusi yang paling tepat di tengah keterbatasan waktu untuk mengenal kondisi kesehatan tiap tiap jemaah di kloternya.

“Lewat Whatsapp, setiap hari kita mengenalkan diri, dan lakukan edukasi secara masif. Bahkan sudah banyak konsultasi meskipun kita belum ketemu (dengan jemaah). Dan disaat akhirnya katemu, bondingnya lebih cepet” ujarnya sambil bersemangat.

Menurutnya, apa yang dilakukannya membuahkan hasil mengedukasi jemaah untuk lebih memahami kondisi kesehatan masing masing dan juga memahami batasan masing masing. Regina mencontohkan ketika terjadi benturan waktu antara program ziarah yang telah ditetapkan dengan jadwal Medical Check Up (MCU) di KKHI Madinah, dari diri jemaah harus yakin bahwa pada saat itu MCU lebih penting untuk didahulukan.

“Karena sebetulnya kita tidak bisa bekerja sendiri. Kita minta tolong kepada jemaah untuk menjaga dirinya, selain kita juga menjaga mereka dan memberikan pelayanan kesehatan” tambah Regina.

Sementara perwakilan TKHI dari Jawa Barat dr. Dianti menuturkan bahwa pihaknya menerapkan komunikasi efektif dengan Kepala Rombongan (Karom) dan Kepala Regu (Karu).

“Saya minta Karom dan Karu untuk membantu menjaga jemaahnya. Kita berangkat ke sini bareng 365 orang, kita juga harus pulang bareng. Kalau mau pulang bareng saya (ke Indonesia), kita harus saling jaga” ucapnya.

Selain itu juga dilakukan penunjukkan Kader di setiap kamar bagi jemaah yang paling muda dan sehat. Kader bertugas untuk memantau jemaah di kamarnya masing masing, dan melaporkan kepada Karu, karom, dan TKHI jika dibutuhkan pelayanan kesehatan.

“Rata-rata yang lapor itu kadernya, alhamdulillah sangat terbantu sekali” ucapnya penuh syukur

dr. Budi menuturkan banyaknya dinamika dalam penyelenggaraan ibadah haji, termasuk dalam pelayanan kesehatan. Pihaknya mengaku bersyukur dengan apa yang dilakukan oleh para TKHI.

Pihaknya tetap meminta TKHI untuk terus mengawal kesehatan jemaah sampai nanti sepulangnya ke tanah air. Pihaknya juga menaruh harapan agar di penyelenggaraan ibadah haji di tahun tahun mendatatang, proporsi TKHI dapat ditingkatkan menyesuaikan dengan jumlah jemaah di tiap tiap kloter

“Setidaknya 4 TKHI untuk setiap kloter” pungkasnya

Hotline Virus Corona 119 ext 9. Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor hotline Halo Kemenkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email [email protected]. (NI)

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik
drg. Widyawati, MKM

ShareSendShare
Rokom

Rokom

Redaksi Sehat Negeriku

Informasi Terkait

blank

Berani Tes, Berani Lindungi Diri, Kemenkes Targetkan Eliminasi HIV dan IMS Tahun 2030

21 Juni 2025
blank

Peningkatan RSUD Buton Utara ke Tipe C, Perkuat Layanan Kesehatan di Wilayah Kepulauan

21 Juni 2025
blank

Kolegium Kebidanan Luncurkan Kurikulum Baru: Bekal Baru bagi Calon Bidan Indonesia

20 Juni 2025
blank

Para Pemimpin Dunia Bersatu untuk Mempercepat Upaya Eliminasi Kanker Serviks

19 Juni 2025
blank

Kementerian Kesehatan Indonesia dan Philips Tandatangani Memorandum Saling Pengertian (MoU) untuk Perkuat Ketahanan Sistem Kesehatan

19 Juni 2025
blank

Layanan TBC Itu Gratis, Pemerintah Tegaskan Komitmen Lindungi SDM Indonesia

19 Juni 2025
Next Post
blank

Menkes Budi Bakal Bentuk BGSi

blank

Kemenkes Lakukan Ujicoba Integrasi Layanan Primer di Puskesmas Kota Surabaya

Tweet oleh @KemenkesRI
Umum

Berani Tes, Berani Lindungi Diri, Kemenkes Targetkan Eliminasi HIV dan IMS Tahun 2030

21 Juni 2025
Umum

Peningkatan RSUD Buton Utara ke Tipe C, Perkuat Layanan Kesehatan di Wilayah Kepulauan

21 Juni 2025
Umum

Prioritaskan Jemaah yang Sakit, KKHI Makkah Bergerak Cepat Layani Program Evakuasi Tanazul

20 Juni 2025
Berita Utama

Kolegium Kebidanan Luncurkan Kurikulum Baru: Bekal Baru bagi Calon Bidan Indonesia

20 Juni 2025

Rekomendasi Artikel

blank

COVID-19 Kembali Merebak di Luar Negeri, Masyarakat Diminta Waspada

20 Mei 2025
blank

Kini Check In PeduliLindungi Bisa Lewat Website

30 September 2022
blank

Cek Kesehatan Gratis Kado Ulang Tahun Dimulai, Ini 3 Cara Daftar

10 Februari 2025

Berita Populer

  • blank

    Masyarakat Umum Sudah Bisa Booster Kedua

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Besok PeduliLindungi Resmi Bertransformasi Menjadi SATUSEHAT Mobile

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Beri Perlindungan Tambahan, Lansia Diberikan Vaksin Booster Kedua

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sertifikat Vaksin & Data Bermasalah? Ini Solusinya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Penerbitan STR Seumur Hidup Lebih Mudah Lewat Portal SATUSEHAT SDMK

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Sehat Negeriku

Sehat Negeriku adalah kanal berbagi informasi tentang kegiatan Kementerian Kesehatan, baik berupa rilis yang dikeluarkan Kemenkes, dokumentasi foto dan video, maupun tulisan ringan seputar info-info kesehatan.

Jejaring Website Terkait

  • Kementerian Kesehatan RI
  • Biro Komyanmas

Informasi Lainnya

  • Tentang Sehat Negeriku
  • Peta Situs
blank
Infografis

Jadwal Skrining Anda dan Keluarga

Jadwal Skrining Sesuai Siklus Hidup

22 September 2023
blank
Infografis

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

31 Mei 2019
blank
Infografis

Lebaran Sehat

19 Februari 2019
blank
Infografis

Mudik Sehat dan Aman

19 Februari 2019
blank
Infografis

Lansia Indonesia

19 Februari 2019

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.

No Result
View All Result
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Mediakom
  • Majalah
Langganan Newsletter

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.