Sehat Negeriku
No Result
View All Result
Sabtu, 04/02/2023
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
No Result
View All Result
Sehat Negeriku
No Result
View All Result

Berikan Layanan Terbaik Tamu Allah di Arab Saudi

Rokom by Rokom
15 Juni 2017
Reading Time: 2 mins read
A A
0
blank
Bagikan di FacebookBagikan di WhatsappBagikan di Line

Jakarta, 13 Juni 2017

Berikan layanan terbaik tamu Allah dengan cara mengerahkan seluruh kemampuan dan sumber daya yang tersedia. Ini sebagai bentuk cara kita mensyukuri nikmat Allah sebagai petugas haji. Kita jangan bekerja melayani jemaah haji dengan sekat-sekat sektoral. Sudah waktunya menyatukan pelayanan, fokus pada kepuasan jemaah haji. Mengingat cuaca tahun ini diperkirakan lebih panas dari tahun lalu. Untuk itu harus ada persiapan diri menghadapi situasi yang tidak kita inginkan.

Demikian nasihat Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifudin saat hadiri acara pembelakan 768 petugas haji Arab Saudi selama 10 hari, tanggal 13-22 Juni 2017, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Menteri Lukman Hakim Saifudin menjelaskan, 26 tahun yang lalu pernah menjadi petugas haji. Menurutnya, menjadi petugas haji adalah pilihan Allah, sementara panitia hanya sebagai wasilah atau sarana memilih petugas. Untuk itu Menag mengajak petugas haji untuk berbuat yang terbaik.

“Petugas haji harus bersyukur, karena banyak orang yang ingin menjadi petugas, kemudian Allah memilihnya. Untuk itu layani jemaah haji sebagai tamu pilihan Allah SWT sebaik-baiknya,” ujar Menteri.

Sementara, pada saat yang sama Ketua Komisi VIII DPR RI, M. Ali Tahir mengingatkan agar petugas haji melayani jemaah haji dengan ikhlas dan sabar.

“Saya harap petugas haji memberi pelayanan yang ikhlas kepada jemaah haji. Jangan lupa melayani dengan sabar, sehingga tetap kuat, Insya Allah hati tidak mudah lelah,” kata Tahir.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Dr.dr. Eka Jusup Singka mengatakan Kemenkes mempunyai 3 tanggung jawab menjaga kesehatan jemaah sejak di Tanah Air, Arab Saudi dan kembali ke Tanah Air. Untuk itu perlu kerjasama dalam pembekalan integrasi sehingga dapat melayani jemaah haji yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Penyiapan petugas kesehatan haji melalui rekrutmen yang panjang agar dapat bekerja secara integrasi dan sinergis dengan budaya sigap, handal, amanah, responsif dan inisiatif,” jelas Eka.

Menurut Kapuskes haji, keberhasilan pelayanan jemaah haji akan terjadi, bila dapat menjalin kerjasama yang baik antara Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama dan pemerintah Arab Saudi.

Seluruh petugas haji yang terdiri dari petugas kesehatan dari Kementerian Kesehatan dan petugas haji dari Kementerian Agama harus mencermati hari krusial bagi jemaah haji. Pertama, 10 hari pertama kedatangan, jemaah haji pada umumnya belum mengenal medan di Arab Saudi, sehingga banyak yang mengalami kebingunan dan kelelahan perjalanan.

Kedua, saat wukuf di Arafah dan melontar jumrah di Mina. Saat ini semua jemaah terkonsentrasi dalam satu tempat, sehingga memerlukan perhatian yang serius dan kecermatan petugas dalam mengatur mobilisasi jemaah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk memberi layanan kepada 210 ribu jemaah haji Indonesia di Arab Saudi, Pemerintah Indonesia telah menyiapkan 3500 orang petugas, 768 orang petugas haji yang saat ini mengikuti pembekalan di Indonesia sedangkan sisanya sudah berada di Arab Saudi sebagai tenaga pendukung atau musiman.

Plt Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama, Prof. Dr. Nur Syam, MSc menjelaskan pembekalan ini bertujuan untuk memberi pemahaman dan pengenalan tugas pelayanan kepada jemaah haji sesuai tanggung jawab masing masing.

Menurutnya, pembekalan juga untuk meningkatkan pengetahuan, tersedianya petugas profesional, loyal, sabar, berdedikasi dan komitmen yang tinggi. Pada tahun ini ada anggota PPIH tahun lalu yang ditunjuk kembali untuk memperkuat pelayanan kepada jemaah haji.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat,Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline (kode lokal) 1500-567,SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id.

Kepala Biro Komunikasi dan
Pelayanan Masyarakat

drg. Oscar Primadi, MPH
NIP.196110201988031013

ShareSendShare
Rokom

Rokom

Redaksi Sehat Negeriku

Informasi Terkait

blank

Kemenkes dan MD Anderson Cancer Center Jalin Kerja Sama Atasi Kanker

3 Februari 2023
blank

Hasil Sero Survei ke-3 : Antibodi Tertinggi pada Orang yang Booster

3 Februari 2023
blank

Sukseskan Reformasi Rumah Sakit, Menkes Akan Tiru Inovasi Pelayanan Kesehatan di RSUD dr. Iskak Tulungagung

2 Februari 2023
blank

Kemenkes Bersama Komisi IX DPR RI Pastikan Penyiapan Fasilitas Kesehatan di Ibu Kota Nusantara (IKN)

2 Februari 2023
blank

Menkes Budi Minta pokja RCCE Dukung Komunikasi Penyakit Lainnya

2 Februari 2023
blank

Inovasi Teknologi Kesehatan Perlu Peran Universitas

2 Februari 2023
Next Post
blank

Komunikasi, Kunci Sukses Integrasi Pelayanan Jemaah Haji

blank

Menkes Hadiri Rakerkesda Kalimantan Selatan

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tweet oleh @KemenkesRI
Berita Utama

Indonesia Sampaikan Kesiapan Kolaborasi dalam Pembahasan Isu Kesehatan Presidensi G20 Tahun 2022

13 September 2021
Berita Utama

Kemenkes Tingkatkan Layanan Kesehatan Gigi dan Mulut Yang Aman Dari Penularan COVID-19

12 September 2021
Berita Utama

Wamenkes Dante Minta Masyarakat Waspadai Lonjakan Kasus COVID-19

11 September 2021
Berita Utama

Belajar dari Pandemi COVID-19, Menkes Ingatkan Pentingnya Perencanaan Pembangunan yang Memperhatikan Aspek Kesehatan dan Lingkungan

11 September 2021

Rekomendasi Artikel

blank

Sertifikat Vaksin & Data Bermasalah? Ini Solusinya

14 Agustus 2021
blank

Terlambat Vaksinasi COVID-19 Dosis Kedua Tidak Akan Pengaruhi Efektivitas Vaksin

3 Agustus 2021
blank

Kemenkes Tegaskan Vaksin Moderna Hanya untuk Booster Nakes dan Publik yang Belum Pernah Menerima Vaksin COVID-19

13 Agustus 2021

Berita Populer

  • blank

    Penerima Vaksinasi COVID-19 dapat Registrasi via WA

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin COVID-19 Merek Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Novavax Tidak Dapat Dipergunakan untuk Vaksinasi Gotong Royong

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pemerintah Tetapkan Batasan Tarif Pemeriksaan Rapid Test Antigen-Swab

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin AstraZeneca Aman, Penghentian Sementara Hanya Pada Kelompok CTMAV547

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Virus Corona Varian Baru B.117, B.1351, B.1617 Sudah Ada di Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Sehat Negeriku

Sehat Negeriku adalah kanal berbagi informasi tentang kegiatan Kementerian Kesehatan, baik berupa rilis yang dikeluarkan Kemenkes, dokumentasi foto dan video, maupun tulisan ringan seputar info-info kesehatan.

Jejaring Website Terkait

  • Kementerian Kesehatan RI
  • Biro Komyanmas

Informasi Lainnya

  • Tentang Sehat Negeriku
  • Peta Situs
blank
Infografis

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

31 Mei 2019
blank
Infografis

Lebaran Sehat

19 Februari 2019
blank
Infografis

Mudik Sehat dan Aman

19 Februari 2019
blank
Infografis

Lansia Indonesia

19 Februari 2019
blank
Infografis

Sahur Sehat

19 Februari 2019

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.

No Result
View All Result
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.