Sehat Negeriku
No Result
View All Result
Kamis, 09/02/2023
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
No Result
View All Result
Sehat Negeriku
No Result
View All Result

Kemenkes Lebih Maju Kelola Pengaduan Publik

Rokom by Rokom
23 November 2017
Reading Time: 2 mins read
A A
0
blank
Bagikan di FacebookBagikan di WhatsappBagikan di Line

Bogor, 22 November 2017

Kemenkes, BPJS Kesehatan dan Pemprov DKI termasuk badan publik lebih maju dalam pengelolaan pengaduan publik. Badan publik ini sebaiknya memberi pendampingan kepada Kementerian/Lembaga lain agar mereka mendapat pengalaman langsung bagaimana menyelesaikan pengaduan masyarakat.

Demikian hasil fokus grup diskusi (FGD) dalam menanggapi hasil review pengelolaan pengaduan publik yang diselenggarakan Ombudsman RI, 22 November 2017, di Bogor.

Menurut Dadan Suparjo Suharmawijaya, SIP, MSI anggota Ombudsman RI mengakui, bahwa pengelolaan pengaduan pelayanan publik, masih dipandang sebelah mata oleh sebagian besar badan publik. Sehingga masih banyak badan publik belum menyelesaikan pengaduan masyarakat secara tuntas, akibatnya kualitas penyelenggaraan pelayanan publik tak kunjung membaik.

Menurutnya, keterhubungan ini ada banyak alasan yang mengemuka, di antaranya karena keterbatasan SDM dan keterbatasan sarana dan prasarana. Selain itu, belum ada persetujuan resmi pimpinan dan merasa sudah mempunyai aplikasi sendiri.

“Sayang, setelah terhubung masih ada yang tidak aktif menggunakan LAPOR..!-SP4N,” ujar Dadan.

Ada beberapa alasan belum aktif menggunakan SPAN antara lain, belum ada SOP internal pengelolaan pengaduan, belum ada dasar hukumnya, keterbatasan SDM, belum memiliki keterampilan memanfaatkan aplikasi, minimnya pengaduan yang masuk dan belum ada serah terima akun dari petugas lama.

“Memang masih banyak Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah belum terhubung dengan SP4N ini. Bahkan yang terhubung belum aktif menggunakan karena berbagai alasan,” ujar Dadan.

Selain itu, menurut pengamatan Pusat Telaah dan Informasi Regional (Pattiro), ada beberapa temuan bila badan publik menyediakan fasilitas pengaduan akan mengancam pejabat terkait. Maka, kehadiran pengelolaan pengaduan akan mendapat penolakan. Untuk itu perlu ada sosialisasi pengelolaan pengaduan secara masif kepada Badan Publik Pusat dan Daerah.

“Bahkan ada beberapa daerah yang belum perlu menyediakan pengelolaan pengaduan, apalagi harus menggunakan teknologi, karena daerah tersebut belum cukup bersahabat dengan teknologi,” ujar teguh dari Pattiro.

Menurut Dadan, pengaduan pelayanan publik merupakan bagian dari pelayanan publik. Untuk itu pengaduan pelayanan publik menjadi bagian penting dan harus ada pada pelayanan publik.

Lebih lanjut Dadan mengatakan berdasarkan riviewnya, ada dua kemungkinan. Semakin banyak pengaduan, maka kualitas pelayanan publik semakin baik. Sedangkan makin sedikit pengaduan, karena pelayanan publik belum masyarakat rasakan.

“Bagaimana masyarakat akan mengadu, kalau pelayanan publik belum mereka rasakan,” kata Dadan.

Pertemuan fokus grup diskusi (FGD) ini dihadiri oleh Kemenkes, Ombudsman, Kemenpan RB, Kemendagri, Kemenkominfo, Bappenas, KSP, BPJS Kesehatan, Pemprov DKI dan LSM yang bergerak dalam pengaduan publik seperti Pattiro dan Yappika.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline (kode lokal) 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat

Oscar Primadi

ShareSendShare
Rokom

Rokom

Redaksi Sehat Negeriku

Informasi Terkait

blank

Awas! Beredar Surat Palsu Mengatasnamakan Kementerian Kesehatan Terkait Pengembangan Program SATU SEHAT

9 Februari 2023
blank

RSCM Masuk Peringkat 36 The Most Reputable Academic Medical Center 2023

8 Februari 2023
blank

Kemenkes Kejar Target Semua RS Bisa Layani Pasien Kanker

7 Februari 2023
blank

Dukung Peningkatan Layanan Jantung Anak di Indonesia, IDAI-PERKI Tandatangani MoU

6 Februari 2023
blank

Deteksi Dini Stroke, RS PON Hadirkan Layanan Unggulan Brain Check Up

7 Februari 2023
blank

Kasus Baru Gangguan Ginjal Akut Pada Anak, Pemerintah Siapkan Langkah Antisipatif

6 Februari 2023
Next Post
blank

Kemenkes Tandatangani MoU WKDS Angkatan V

blank

Penandatanganan MOU Wajib Kerja Dokter Spesialis Angkatan Kelima

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tweet oleh @KemenkesRI
Berita Utama

Indonesia Sampaikan Kesiapan Kolaborasi dalam Pembahasan Isu Kesehatan Presidensi G20 Tahun 2022

13 September 2021
Berita Utama

Kemenkes Tingkatkan Layanan Kesehatan Gigi dan Mulut Yang Aman Dari Penularan COVID-19

12 September 2021
Berita Utama

Wamenkes Dante Minta Masyarakat Waspadai Lonjakan Kasus COVID-19

11 September 2021
Berita Utama

Belajar dari Pandemi COVID-19, Menkes Ingatkan Pentingnya Perencanaan Pembangunan yang Memperhatikan Aspek Kesehatan dan Lingkungan

11 September 2021

Rekomendasi Artikel

blank

Sertifikat Vaksin & Data Bermasalah? Ini Solusinya

14 Agustus 2021
blank

Terlambat Vaksinasi COVID-19 Dosis Kedua Tidak Akan Pengaruhi Efektivitas Vaksin

3 Agustus 2021
blank

Kemenkes Tegaskan Vaksin Moderna Hanya untuk Booster Nakes dan Publik yang Belum Pernah Menerima Vaksin COVID-19

13 Agustus 2021

Berita Populer

  • blank

    Penerima Vaksinasi COVID-19 dapat Registrasi via WA

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin COVID-19 Merek Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Novavax Tidak Dapat Dipergunakan untuk Vaksinasi Gotong Royong

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pemerintah Tetapkan Batasan Tarif Pemeriksaan Rapid Test Antigen-Swab

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin AstraZeneca Aman, Penghentian Sementara Hanya Pada Kelompok CTMAV547

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Virus Corona Varian Baru B.117, B.1351, B.1617 Sudah Ada di Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Sehat Negeriku

Sehat Negeriku adalah kanal berbagi informasi tentang kegiatan Kementerian Kesehatan, baik berupa rilis yang dikeluarkan Kemenkes, dokumentasi foto dan video, maupun tulisan ringan seputar info-info kesehatan.

Jejaring Website Terkait

  • Kementerian Kesehatan RI
  • Biro Komyanmas

Informasi Lainnya

  • Tentang Sehat Negeriku
  • Peta Situs
blank
Infografis

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

31 Mei 2019
blank
Infografis

Lebaran Sehat

19 Februari 2019
blank
Infografis

Mudik Sehat dan Aman

19 Februari 2019
blank
Infografis

Lansia Indonesia

19 Februari 2019
blank
Infografis

Sahur Sehat

19 Februari 2019

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.

No Result
View All Result
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.