Sehat Negeriku
No Result
View All Result
Selasa, 07/02/2023
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
No Result
View All Result
Sehat Negeriku
No Result
View All Result

Tim Mobile Banyak Tangani Jemaah Lansia Sakit di Bandara

Rokom by Rokom
21 Juli 2018
Reading Time: 2 mins read
A A
0
blank
Bagikan di FacebookBagikan di WhatsappBagikan di Line

Madinah, 20 Juli 2018

Pagi ini sekitar pukul 10.00 waktu Arab Saudi, Tim Mobile memeriksa seorang nenek 84 tahun dari Embarkasi Solo yang baru mendarat di Bandara Amaa, Madinah. Nenek yang didampingi anaknya ini mengeluh kakinya bengkak dan badannya pegal.

Petugas kesehatan memeriksa kaki nenek tersebut yang dalam keadaan bengkak karena terlalu lama duduk di pesawat. Kepada pendampingnya, tim medis meminta agar nenek diberi banyak minum dan jangan lupa melakukan senam untuk kakinya.

Ketua Tim Mobile dr. Rachmawanti, Sp.PD menyebutkan kasus yang biasa ditemukan di Bandara adalah jemaah yang mengalami kelelahan. Biasanya jemaah tampak pucat dan badan lemas.

“Ini disebabkan karena jemaah selama di pesawat kurang istirahat, kurang minum karena tidak merasa haus,” terang dr. Rachmawanti.

Rachmawanti menjelaskan, apabila jemaah haji datang, Tim Mobile melakukan triase secara visual. Bila kasusnya dapat ditangani sambil menunggu jamaah haji berangkat ke bis, maka observasi dilakukan di ruang tunggu. Namun, bila kasusnya memerlukan observasi lebih lanjut maka jemaah akan dikirim ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) atau klinik Bandara.

“Kami lakukan observasi kepada jamaah yang baru mendarat. Kami juga melakukan pengobatan dan rujukan, selain itu juga melakukan penyuluhan secara personal kepada jamaah haji yang membutuhkan,” tambah Rachmawanti. 

Tim mobile terdiri dari 3 dokter spesialis, 6 dokter umum, dan 12 perawat yang bekerja dibagi dalam tiga shift. Yaitu shift pagi, shift malam dan sift lepas. Sift lepas bertugas melakukan visitasi apabila ada jamaah haji yang dirawat di rumah sakit Arab Saudi. 

Sementara itu, perlengkapan medis yang disiapkan Tim Mobile di Bandara adalah 2 buah kursi roda, obat-obatan emergency dan obat-obatan umum.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor hotline Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id.(gi)

Kepala Biro Komunikasi dan
Pelayanan Masyarakat

drg. Widyawati, MKM

ShareSendShare
Rokom

Rokom

Redaksi Sehat Negeriku

Informasi Terkait

blank

RSCM Masuk Peringkat 36 The Most Reputable Academic Medical Center 2023

7 Februari 2023
blank

Kemenkes Kejar Target Semua RS Bisa Layani Pasien Kanker

7 Februari 2023
blank

Dukung Peningkatan Layanan Jantung Anak di Indonesia, IDAI-PERKI Tandatangani MoU

6 Februari 2023
blank

Deteksi Dini Stroke, RS PON Hadirkan Layanan Unggulan Brain Check Up

7 Februari 2023
blank

Kasus Baru Gangguan Ginjal Akut Pada Anak, Pemerintah Siapkan Langkah Antisipatif

6 Februari 2023
blank

Atasi Dengue, Kemenkes Kembangkan Dua Teknologi ini

7 Februari 2023
Next Post
blank

Kapuskes Haji Pantau Penggunaan APD

blank

Tips Bagi Jemaah Haji yang Tersesat dan Pingsan

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tweet oleh @KemenkesRI
Berita Utama

Indonesia Sampaikan Kesiapan Kolaborasi dalam Pembahasan Isu Kesehatan Presidensi G20 Tahun 2022

13 September 2021
Berita Utama

Kemenkes Tingkatkan Layanan Kesehatan Gigi dan Mulut Yang Aman Dari Penularan COVID-19

12 September 2021
Berita Utama

Wamenkes Dante Minta Masyarakat Waspadai Lonjakan Kasus COVID-19

11 September 2021
Berita Utama

Belajar dari Pandemi COVID-19, Menkes Ingatkan Pentingnya Perencanaan Pembangunan yang Memperhatikan Aspek Kesehatan dan Lingkungan

11 September 2021

Rekomendasi Artikel

blank

Sertifikat Vaksin & Data Bermasalah? Ini Solusinya

14 Agustus 2021
blank

Terlambat Vaksinasi COVID-19 Dosis Kedua Tidak Akan Pengaruhi Efektivitas Vaksin

3 Agustus 2021
blank

Kemenkes Tegaskan Vaksin Moderna Hanya untuk Booster Nakes dan Publik yang Belum Pernah Menerima Vaksin COVID-19

13 Agustus 2021

Berita Populer

  • blank

    Penerima Vaksinasi COVID-19 dapat Registrasi via WA

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin COVID-19 Merek Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Novavax Tidak Dapat Dipergunakan untuk Vaksinasi Gotong Royong

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pemerintah Tetapkan Batasan Tarif Pemeriksaan Rapid Test Antigen-Swab

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin AstraZeneca Aman, Penghentian Sementara Hanya Pada Kelompok CTMAV547

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Virus Corona Varian Baru B.117, B.1351, B.1617 Sudah Ada di Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Sehat Negeriku

Sehat Negeriku adalah kanal berbagi informasi tentang kegiatan Kementerian Kesehatan, baik berupa rilis yang dikeluarkan Kemenkes, dokumentasi foto dan video, maupun tulisan ringan seputar info-info kesehatan.

Jejaring Website Terkait

  • Kementerian Kesehatan RI
  • Biro Komyanmas

Informasi Lainnya

  • Tentang Sehat Negeriku
  • Peta Situs
blank
Infografis

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

31 Mei 2019
blank
Infografis

Lebaran Sehat

19 Februari 2019
blank
Infografis

Mudik Sehat dan Aman

19 Februari 2019
blank
Infografis

Lansia Indonesia

19 Februari 2019
blank
Infografis

Sahur Sehat

19 Februari 2019

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.

No Result
View All Result
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.