Sehat Negeriku
No Result
View All Result
Senin, 16/05/2022
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
No Result
View All Result
Sehat Negeriku
No Result
View All Result

Dinkes Bali Beri Pelayanan Kesehatan Khusus pada Wisatawan

Rokom by Rokom
23 April 2019
Reading Time: 1 min read
A A
2
blank
Bagikan di FacebookBagikan di WhatsappBagikan di Line

Denpasar, 23 April 2019

Dinas Kesehatan Bali memberikan pelayanan khusus bagi wisatawan melalui Travel Medicine. Salah satu bagian dari sistem kesehatan yang memberikan pelayanan khusus kepada turis/wisatawan yang akan berpergian ke suatu tempat wisata ataupun setibanya dari suatu perjalanan wisata ke daerah tertent.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya mengatakan ruang lingkup Travel Medicine mencakup jenis fasilitas pelayanan kesehatan, standar pelayanan kesehatan, SDM, dan pengembangan travel medicine di Bali.

“Jenis fasilitas kesehatan yang diberikan fokus pada pelayanan kesehatan di Puskesmas dan Klinik Utama,” katanya pada temu media dalam rangka kunjungan kerja Menkes ke Bali, Selasa (23/4).

Selain pelayanan di Puskesmas dan Klinik Utama, jenis pelayanan lain yang diberikan berupa praktek dokter perseorangan, rumah sakit, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).
 
Setiap Faskes yang akan memberikan pelayanan kesehatan wisata wajib memiliki standar pelayanan dan sumber daya yang spesifik. Kedua hal itu harus diketahui dan dimonitor oleh Dinas Kesehatan Provinsi Bali.

Nantinya, sebelum perjalanan Wisata (Pra Wisata), wisatawan mendapatkan konseling terkait risiko kesehatan di tempat wisata. Dilakukan pula penilaian dan penggalian riwayat medis dan vaksinasi.

Pada saat sedang berwisata, disiagakan pelayanan kegawat daruratan di titik lokasi wisata, seperti mobil ambulance dan dokter. Juga pelayanan rawat jalan dan rawat inap di Puskesmas/Klinik Utama/Praktek Dokter Perseorangan.
 
Sementara pelayanan kesehatan paca wisata akan dilakukan skrining penyakit pada wisatawan yang baru kembali dari perjalanan.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id.(D2)

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat

drg. Widyawati, MKM

ShareSendShare
Rokom

Rokom

Redaksi Sehat Negeriku

Informasi Terkait

blank

ASEAN – Cina Promosikan Cara Hadapi Pandemi dengan One Health

15 Mei 2022
blank

Kemenkes RI Pimpin Penjajakan Kerja Sama Sektor Kesehatan ASEAN dengan AS Pada Pertemuan AHMM ke-15

15 Mei 2022
blank

Hasil Joint Statement AHMM, Bakal ada Kantor Kedaruratan Kesehatan tingkat ASEAN di Indonesia

15 Mei 2022
blank

Negara Anggota ASEAN Saling Mengakui Sertifikat Vaksinasi COVID-19

15 Mei 2022
blank

Menkes se-ASEAN Setujui Dirikan Pusat Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dan Penyakit Menular ASEAN

14 Mei 2022
blank

Negara ASEAN Bakal Bentuk Standar Protokol Kesehatan yang Sama

14 Mei 2022
Next Post
blank

Menkes Nila Apresiasi Pembangunan Kesehatan Bali

blank

Menkes Kunjungi Posyandu yang Kembangkan PMT Daun Kelor

Comments 2

  1. blank doni says:
    3 tahun ago

    mantap

    Balas
  2. blank pariwisata says:
    3 tahun ago

    keren

    Balas

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tweet oleh @KemenkesRI
Berita Utama

Indonesia Sampaikan Kesiapan Kolaborasi dalam Pembahasan Isu Kesehatan Presidensi G20 Tahun 2022

13 September 2021
Berita Utama

Kemenkes Tingkatkan Layanan Kesehatan Gigi dan Mulut Yang Aman Dari Penularan COVID-19

12 September 2021
Berita Utama

Wamenkes Dante Minta Masyarakat Waspadai Lonjakan Kasus COVID-19

11 September 2021
Berita Utama

Belajar dari Pandemi COVID-19, Menkes Ingatkan Pentingnya Perencanaan Pembangunan yang Memperhatikan Aspek Kesehatan dan Lingkungan

11 September 2021

Rekomendasi Artikel

blank

Sertifikat Vaksin & Data Bermasalah? Ini Solusinya

14 Agustus 2021
blank

Terlambat Vaksinasi COVID-19 Dosis Kedua Tidak Akan Pengaruhi Efektivitas Vaksin

3 Agustus 2021
blank

Kemenkes Tegaskan Vaksin Moderna Hanya untuk Booster Nakes dan Publik yang Belum Pernah Menerima Vaksin COVID-19

13 Agustus 2021

Berita Populer

  • blank

    Penerima Vaksinasi COVID-19 dapat Registrasi via WA

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin COVID-19 Merek Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Novavax Tidak Dapat Dipergunakan untuk Vaksinasi Gotong Royong

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pemerintah Tetapkan Batasan Tarif Pemeriksaan Rapid Test Antigen-Swab

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin AstraZeneca Aman, Penghentian Sementara Hanya Pada Kelompok CTMAV547

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Virus Corona Varian Baru B.117, B.1351, B.1617 Sudah Ada di Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Sehat Negeriku

Sehat Negeriku adalah kanal berbagi informasi tentang kegiatan Kementerian Kesehatan, baik berupa rilis yang dikeluarkan Kemenkes, dokumentasi foto dan video, maupun tulisan ringan seputar info-info kesehatan.

Jejaring Website Terkait

  • Kementerian Kesehatan RI
  • Biro Komyanmas

Informasi Lainnya

  • Tentang Sehat Negeriku
  • Peta Situs
blank
Infografis

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

31 Mei 2019
blank
Infografis

Lebaran Sehat

19 Februari 2019
blank
Infografis

Mudik Sehat dan Aman

19 Februari 2019
blank
Infografis

Lansia Indonesia

19 Februari 2019
blank
Infografis

Sahur Sehat

19 Februari 2019

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.

No Result
View All Result
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.