Sehat Negeriku
No Result
View All Result
Selasa, 07/02/2023
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
No Result
View All Result
Sehat Negeriku
No Result
View All Result

Husada 99 Penuhi Kebutuhan Layanan Emergensi di Arab Saudi

Rokom by Rokom
23 Agustus 2019
Reading Time: 2 mins read
A A
0
blank
Bagikan di FacebookBagikan di WhatsappBagikan di Line

Makkah, 23 Agustus 2019.

Selama penyelenggaraan ibadah haji, kebutuhan akan ambulans, perbekalan kesehatan (Perbekkes) dan layanan konsultasi dokter spesialis dalam situasi emergensi seringkali sulit diprediksi. Adanya peningkatan kebutuhan tersebut khususnya pada fase tertentu seperti saat Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna), menuntut tersedianya sebuah sistem yang dapat mengelolanya.

Sejak tahun 2017, terbentuk sebuah ‘contact center’ yang bernama Husada 99. Kepala Pusat Kesehatan Haji, Dr. dr. Eka Jusup Singka, MSc, memberi nama demikian, terinspirasi dari call center 911 di Arab Saudi dan AGD 119 di Indonesia.
“Awalnya Husada 99 adalah suatu sistem yang dibuat untuk menghadapi Armuzna pada 2017,” ujar dr. Janni Koesnomo Matsalim, Sp.Ok, MKK, penanggung jawab ambulans Daker Makkah, saat menceritakan sejarah lahirnya Husada 99.

Mulanya fokus utama Husada 99 adalah bagaimana menghadapi kondisi Armuzna. Di mana tahun-tahun sebelumnya cakupan ambulans itu kurang bisa menangani atau memberikan pelayanan secara optimal terhadap tingkat kebutuhan saat itu. Baik itu kebutuhan untuk rujukan pasien maupun kondisi untuk permintaan alat-alat kesehatan. Begitu juga saat situasi memerlukan konsultasi dokter spesialis dalam penanganan pasien, apakah bisa dipertahankan dalam kloternya atau memang butuh penanganan lebih lanjut dengan dirujuk ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) atau rumah sakit di Arab Saudi (RSAS).
“Artinya Husada 99 itu sebetulnya bukan melulu mengenai bahwa ambulans itu akan digunakan untuk mengangkut jemaah langsung menuju ke RSAS atau menuju ke KKHI tetapi juga bisa melayani kebutuhan alat kesehatan atau perbekalan kesehatannya maupun konsultasi tentang tindak lanjut jemaah sakit,” kata dr.Janni.

20190823_100301

Permintaan kepada Husada 99 bisa dilakukan oleh petugas kesehatan di wilayah Daker Makkah oleh tenaga kesehatan di level manapun, baik Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) di kloter, Tim Gerak Cepat (TGC) di sektor atau pos kesehatan bahkan bisa dilakukan juga oleh tenaga kesehatan di KKHI untuk melayani kebutuhan tiga hal tersebut; konsultasi dokter spesialis, perbekalan kesehatan dan ambulans. Saat ini periode permintaan tidak hanya dibatasi saat Armuzna, tetapi sudah sejak awal masa penyelenggaraan ibadah haji hingga akhir operasional haji.

Prosedur permintaan bantuan dari Husada 99 melalui nomor telepon lokal Arab Saudi yang sudah diinformasikan ke seluruh petugas kesehatan haji. Sistem akan mencatat embarkasi, nomor kloter, maktab, dan kebutuhannya. Kemudian petugas akan merespons dengan melihat skala prioritas. Untuk permintaan non emergensi, waktu respons ditentukan maksimal 10 menit, baik itu bisa dipenuhi atau tidak, akan tetap diinformasikan kembali kepada pemohon. Perlakuan ini berbeda untuk permintaan yang sifatnya emergensi atau ketika kondisi pasien kategori triase merah.
“Kecuali kalau memang itu ‘cito’ [segera] jadi itu kondisi dimana triase merah Saya pasti utamakan. Iya itu diprioritaskan,” terang Janni.

Untuk operasional Husada 99, terdapat petugas yang secara bergiliran berjaga selama 24 jam untuk memenuhi kebutuhan di lapangan. Meskipun secara jumlah personil tahun ini berkurang, namun tetap bisa melayani permintaan yang secara tingkat pemanfaatannya dari tahun ke tahun terus meningkat.

20190823_100339

Ketersediaan sumber daya pendukung seperti ambulans, walaupun sudah diperkuat sebanyak 29 ambulans milik Kemenkes, ada saat-saat tertentu akan kekurangan. Untuk itu telah dibuat pola regionalisasi penggunaan ambulans yang dapat saling melengkapi kebutuhan ambulans di tiap sektor. Selain itu didukung juga oleh ambulans milik muassassah yang dapat setiap saat dimintakan bantuan tatkala dibutuhkan.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemenkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id. (AM).

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat
drg. Widyawati, MKM.

ShareSendShare
Rokom

Rokom

Redaksi Sehat Negeriku

Informasi Terkait

blank

RSCM Masuk Peringkat 36 The Most Reputable Academic Medical Center 2023

7 Februari 2023
blank

Kemenkes Kejar Target Semua RS Bisa Layani Pasien Kanker

7 Februari 2023
blank

Dukung Peningkatan Layanan Jantung Anak di Indonesia, IDAI-PERKI Tandatangani MoU

6 Februari 2023
blank

Deteksi Dini Stroke, RS PON Hadirkan Layanan Unggulan Brain Check Up

7 Februari 2023
blank

Kasus Baru Gangguan Ginjal Akut Pada Anak, Pemerintah Siapkan Langkah Antisipatif

6 Februari 2023
blank

Atasi Dengue, Kemenkes Kembangkan Dua Teknologi ini

7 Februari 2023
Next Post
blank

Kemenkes Kembangkan Indonesia Network of Clinical Research (INCrease)

blank

Kemenkes Terima Empat Penghargaan Kesehatan Haji

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tweet oleh @KemenkesRI
Berita Utama

Indonesia Sampaikan Kesiapan Kolaborasi dalam Pembahasan Isu Kesehatan Presidensi G20 Tahun 2022

13 September 2021
Berita Utama

Kemenkes Tingkatkan Layanan Kesehatan Gigi dan Mulut Yang Aman Dari Penularan COVID-19

12 September 2021
Berita Utama

Wamenkes Dante Minta Masyarakat Waspadai Lonjakan Kasus COVID-19

11 September 2021
Berita Utama

Belajar dari Pandemi COVID-19, Menkes Ingatkan Pentingnya Perencanaan Pembangunan yang Memperhatikan Aspek Kesehatan dan Lingkungan

11 September 2021

Rekomendasi Artikel

blank

Sertifikat Vaksin & Data Bermasalah? Ini Solusinya

14 Agustus 2021
blank

Terlambat Vaksinasi COVID-19 Dosis Kedua Tidak Akan Pengaruhi Efektivitas Vaksin

3 Agustus 2021
blank

Kemenkes Tegaskan Vaksin Moderna Hanya untuk Booster Nakes dan Publik yang Belum Pernah Menerima Vaksin COVID-19

13 Agustus 2021

Berita Populer

  • blank

    Penerima Vaksinasi COVID-19 dapat Registrasi via WA

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin COVID-19 Merek Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Novavax Tidak Dapat Dipergunakan untuk Vaksinasi Gotong Royong

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pemerintah Tetapkan Batasan Tarif Pemeriksaan Rapid Test Antigen-Swab

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin AstraZeneca Aman, Penghentian Sementara Hanya Pada Kelompok CTMAV547

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Virus Corona Varian Baru B.117, B.1351, B.1617 Sudah Ada di Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Sehat Negeriku

Sehat Negeriku adalah kanal berbagi informasi tentang kegiatan Kementerian Kesehatan, baik berupa rilis yang dikeluarkan Kemenkes, dokumentasi foto dan video, maupun tulisan ringan seputar info-info kesehatan.

Jejaring Website Terkait

  • Kementerian Kesehatan RI
  • Biro Komyanmas

Informasi Lainnya

  • Tentang Sehat Negeriku
  • Peta Situs
blank
Infografis

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

31 Mei 2019
blank
Infografis

Lebaran Sehat

19 Februari 2019
blank
Infografis

Mudik Sehat dan Aman

19 Februari 2019
blank
Infografis

Lansia Indonesia

19 Februari 2019
blank
Infografis

Sahur Sehat

19 Februari 2019

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.

No Result
View All Result
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.