Sehat Negeriku
No Result
View All Result
Selasa, 07/02/2023
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
No Result
View All Result
Sehat Negeriku
No Result
View All Result

Ada Fasilitas Berbeda di KKHI Makkah

Rokom by Rokom
05 September 2019
Reading Time: 3 mins read
A A
0
blank
Bagikan di FacebookBagikan di WhatsappBagikan di Line

Makkah, 5 September 2019.

Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah memiliki fasilitas khusus bagi jemaah haji yang telah melakukan pengobatan di sini. Fasilitas tersebut dinamakan green zone. Green zone atau zona hijau merupakan ruang transit bagi pasien-pasien yang telah dinyatakan sehat dan siap kembali ke kelompok terbangnya.

Zona hijau ini tidak terdapat di banyak fasilitas kesehatan karena memang bukan menjadi standar pelayanan. KKHI Makkah menyediakan ruangan yang bertujuan untuk memisahkan pasien yang sehat agar tidak bercampur dengan pasien-pasien yang masih sakit dan berpotensi menularkan penyakitnya. Sambil para jemaah haji sehat ini menunggu waktu pengantaran ke kloternya.
“Jadi ditaruh di satu tempat yang bersih yang terpisah dengan orang sakit. Kemudian di sana itu mereka juga kita persiapkan dalam arti menyiapkan rekam medis, lalu menyiapkan obat-obatan pulang,” tutur dr. Meity Adriana, Sp.JP, Penanggung Jawab Pelayanan Medis KKHI Makkah, saat ditemui di ruang perawatan wanita pada Rabu (4/9).

img-20190814-wa0028

Fasilitas ini disiapkan setelah fase Arafah Muzdalifah Mina (Armuzna), mengingat saat itu terjadi lonjakan kunjungan ke KKHI Makkah. Belum lagi adanya jemaah haji yang baru selesai menjalani pengobatan di RS Arab Saudi dan dikembalikan terlebih dulu ke KKHI Makkah. Sehingga selain pertimbangan aspek kesehatan, penyediaan ruangan tersebut guna menghindari kelebihan kapasitas di ruang perawatan. Jadi pasien yang kondisinya sudah stabil dan layak untuk pulang akan segera dialihkan ke zona hijau tersebut. Selain bagi yang akan pulang, tempat ini juga untuk menampung sementara jemaah haji yang akan dievakuasi atau mengikuti proses tanazul.

Zona hijau memiliki daya tampung jemaah haji sebanyak 53 orang. Di ruang tunggu ini, jemaah disediakan matras alas tidur untuk tempat istirahat sementara. Selama berada di zona hijau, jemaah haji dimanjakan dengan beragam fasilitas yang dapat dinikmati secara gratis. Diantaranya tersedia perangkat audio video untuk menonton televisi atau tayangan video. Jemaah haji juga menerima konsumsi apabila memang sudah masuk waktunya makan pagi, siang atau malam. Ditambah lagi dengan minuman, seperti teh, kopi dan susu. Pihak KKHI Makkah juga memperhatikan kebutuhan pokok lainnya dengan penyediaan pakaian, sandal, jilbab bahkan sabun dan pasta gigi.

Selama waktu tunggu sekitar 2 jam di green zone, selain dapat beristirahat dan menikmati fasilitas yang ada, jemaah haji juga akan dibantu dalam pengurusan berkas kepulangan. Jemaah akan dikelompokkan sesuai sektor, kloter dan hotelnya.
“Sebenarnya tujuannya diverifikasi data jemaah, jangan sampai ada kesalahan pengantaran ke sektornya,” jelas Junaid, perawat yang bertanggung jawab mengelola zona hijau.

Untuk melayani jemaah di green zone, mulanya diperkuat oleh dua orang dokter spesialis dan empat orang perawat, yang bekerja jaga secara bergiliran selama 12 jam. Awalnya sempat sekitar 120 orang yang ditangani dalam satu hari pasca Armuzna. Tetapi sekarang mendekati akhir operasional KKHI, sehari hanya sekitar 30 orang saja.

whatsapp-image-2019-09-02-at-07-09-19

Ada sedikit perbedaan layanan dibandingkan tahun lalu. Jika dulu jemaah haji harus menunggu datangnya mobil jemputan, saat ini pihak KKHI Makkah sudah menyiapkan tiga buah kendaraan pengantar, yakni satu buah bis sedang berkapasitas 20 orang jemaah dan dua minibus yang masing-masing berkapasitas 6 orang. Dua kendaraan ini punya jadwal pengantaran jemaah haji sehari dua kali, pagi dan sore. Untuk bis akan didampingi oleh dua orang perawat, sementara minibus oleh seorang perawat.
“Kita bukan sekedar mengantar, tapi kita lengkapi dengan catatan resume perawatannya plus dengan obat-obatan, kita serahkan sama [petugas] sektor. Biar mereka tahu bahwa ini riwayat penyakitnya dan pengobatan selanjutnya seperti apa,” terang Junaid.

Jemaah haji yang sempat merasakan layanan di zona hijau ini umumnya puas. Junaid yang sehari-hari mengurusi jemaah di sana mengakui sering menyaksikan jemaah haji merasa nyaman, bisa saling berbicara satu sama lainnya. Hal ini karena ruangannya tidak ditata seperti berada di sebuah klinik kesehatan.
“Petugas juga mengingatkan jemaah untuk sholat berjamaah. Jadi dengan suasana kekeluargaan mereka tidak menganggap seperti di rumah sakit tapi lagi beristirahat untuk diantar kembali ke hotelnya,” pungkas Junaid.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemenkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id. (AM).

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat
drg. Widyawati, MKM.

ShareSendShare
Rokom

Rokom

Redaksi Sehat Negeriku

Informasi Terkait

blank

Dukung Peningkatan Layanan Jantung Anak di Indonesia, IDAI-PERKI Tandatangani MoU

6 Februari 2023
blank

Kasus Baru Gangguan Ginjal Akut Pada Anak, Pemerintah Siapkan Langkah Antisipatif

6 Februari 2023
blank

Menkes Ajak Masyarakat Berani Deteksi Dini Kanker

4 Februari 2023
blank

Kemenkes dan MD Anderson Cancer Center Jalin Kerja Sama Atasi Kanker

3 Februari 2023
blank

Hasil Sero Survei ke-3 : Antibodi Tertinggi pada Orang yang Booster

3 Februari 2023
blank

Sukseskan Reformasi Rumah Sakit, Menkes Akan Tiru Inovasi Pelayanan Kesehatan di RSUD dr. Iskak Tulungagung

2 Februari 2023
Next Post
blank

Komisi IX DPR Keluarkan Buku Putih JKN

blank

4.188 Kunjungan ke KKHI Makkah Selama Operasional Haji 2019

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tweet oleh @KemenkesRI
Berita Utama

Indonesia Sampaikan Kesiapan Kolaborasi dalam Pembahasan Isu Kesehatan Presidensi G20 Tahun 2022

13 September 2021
Berita Utama

Kemenkes Tingkatkan Layanan Kesehatan Gigi dan Mulut Yang Aman Dari Penularan COVID-19

12 September 2021
Berita Utama

Wamenkes Dante Minta Masyarakat Waspadai Lonjakan Kasus COVID-19

11 September 2021
Berita Utama

Belajar dari Pandemi COVID-19, Menkes Ingatkan Pentingnya Perencanaan Pembangunan yang Memperhatikan Aspek Kesehatan dan Lingkungan

11 September 2021

Rekomendasi Artikel

blank

Sertifikat Vaksin & Data Bermasalah? Ini Solusinya

14 Agustus 2021
blank

Terlambat Vaksinasi COVID-19 Dosis Kedua Tidak Akan Pengaruhi Efektivitas Vaksin

3 Agustus 2021
blank

Kemenkes Tegaskan Vaksin Moderna Hanya untuk Booster Nakes dan Publik yang Belum Pernah Menerima Vaksin COVID-19

13 Agustus 2021

Berita Populer

  • blank

    Penerima Vaksinasi COVID-19 dapat Registrasi via WA

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin COVID-19 Merek Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Novavax Tidak Dapat Dipergunakan untuk Vaksinasi Gotong Royong

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pemerintah Tetapkan Batasan Tarif Pemeriksaan Rapid Test Antigen-Swab

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin AstraZeneca Aman, Penghentian Sementara Hanya Pada Kelompok CTMAV547

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Virus Corona Varian Baru B.117, B.1351, B.1617 Sudah Ada di Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Sehat Negeriku

Sehat Negeriku adalah kanal berbagi informasi tentang kegiatan Kementerian Kesehatan, baik berupa rilis yang dikeluarkan Kemenkes, dokumentasi foto dan video, maupun tulisan ringan seputar info-info kesehatan.

Jejaring Website Terkait

  • Kementerian Kesehatan RI
  • Biro Komyanmas

Informasi Lainnya

  • Tentang Sehat Negeriku
  • Peta Situs
blank
Infografis

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

31 Mei 2019
blank
Infografis

Lebaran Sehat

19 Februari 2019
blank
Infografis

Mudik Sehat dan Aman

19 Februari 2019
blank
Infografis

Lansia Indonesia

19 Februari 2019
blank
Infografis

Sahur Sehat

19 Februari 2019

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.

No Result
View All Result
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.