Bandung, 27 Juli 2019
RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung (RSHS) sebagai salah satu rumah sakit rujukan nasional di Indonesia, telah memenuhi akreditasi rumah sakit berstandar nasional dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), juga telah memenuhi akreditasi rumah sakit berstandar internasional dari Joint Commission International (JCI).
“Saya merasa berbahagia dan bersyukur dapat hadir dan bertatap muka dengan jajaran direksi dan karyawan/karyawati RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung. Saya ucapkan selamat atas keberhasilannya mempertahankan akreditasi rumah sakit berstandar internasional dari Joint Commission International (JCI),” kata Menkes Nila dalam kunjungan kerjanya ke RSHS, Sabtu pagi (27/7).
Menkes mengapresiasi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) sebagai rumah sakit vertikal milik Kementerian Kesehatan telah terstandar akreditasi baik nasional (pada tahun 2015 dan 2017) maupun internasional (pada tahun 2016 dan 2019). Hal ini menunjukan bahwa RSHS telah mampu memberikan pelayanan yang bermutu dengan mengutamakan keselamatan pasien.
Kepada civitas hospitalia RSHS, Menkes meminta agar selalu bersama-sama meningkatkan mutu serta keselamatan pasien dalam menjalankan pelayanan. “Dengan mengupayakan peningkatan mutu dan keselamatan pasien tidak terhenti pada saat penilaian akreditasi saja, tetapi tetap harus dilakukan terus menerus tanpa henti secara berkesinambungan (gradual continuous improvement). Dan apabila mutu pelayanan sudah tercapai sesuai standar, maka mutu tersebut harus terus selalu dipertahankan (improvement in quality and safety is achieved and sustained),” jelas Menkes.
Pada kesempatan ini pula Menkes meresmikan dimulainya pelayanan Instalasi Rawat Jalan di Gedung Anggrek. Ini merupakan salah satu bentuk inovasi dari pelayanan rawat jalan yang terintegrasi bagi masyarakat Jawa Barat pada khususnya dan seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya.
Menkes yakin pelayanan rawat jalan di RSHS akan semakin baik, tidak hanya dalam penyediaan sarana dan prasarana yang semakin lengkap dan nyaman, tetapi juga dalam ketepatan, kecepatan dan perhatian serta keramahan dari para petugas, sehingga tentu saja akan meningkatkan kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap rumah sakit ini.
Di dalam gedung ini telah dilengkapi dengan pelayanan Rawat Jalan Eksekutif, untuk memenuhi tuntutan layanan yang semakin komprehensif terutama bagi pelanggan yang membutuhkan pelayanan di luar jam kerja rumah sakit.
Tidak lupa Menkes mengimbau untuk tetap melakukan promotive preventive juga menjaga kualitas pelayanan serta kebersihan rumah sakit merupakan hal yang penting.
Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id. (tri)
Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat
drg. Widyawati, MKM