Pemilihan pejabat Eselon II yang dilantik saat ini dilakukan melalui tahapan seleksi ketat dengan fit dan proper test dan memperhatikan track record selama masa kerja termasuk clearance dari Inspektorat Jenderal .
Hal tersebut dikemukakan Menteri Kesehatan, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH, dalam sambutannya dalam acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pejabat Eselon II Kementerian Kesehatan RI di Kantor Kementerian Kesehatan Jakarta (29/8).
Penataan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur melalui pengisian pejabat struktural berdasarkan kompetensi dilakukan untuk meningkatkan manajemen birokrasi agar efektif dan efisien, dibutuhkan pemikiran dan tindakan nyata untuk terciptanya good governance atau tata pemerintahan yang baik.
SDM yang unggul dan terpercaya harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan persyaratan jabatannya. Dengan pendekatan kompetensi ini maka manajemen SDM aparatur akan lebih tepat mudah dan praktis. Penguatan manajemen SDM aparatur berbasis kompetensi akan mendukung terciptanya tata laksana yang dinamis, mantapnya sistem pengawasan dan akuntabilitas, meningkatnya kualitas pelayanan publik dan terbangunnya kultur birokrasi yang sesuai dengan tuntutan masyarakat.
“Percayalah bahwa kita telah berusaha sekuat tenaga untuk memilih orang yang paling tepat untuk jabatan yang akan diisi tersebut”, ujar Menkes.
Menkes berharap para pejabat yang dilantik benar-benar orang yang tepat untuk menduduki jabatan baru dan akan mampu memberikan kontribusi nyata pada pembangunan kesehatan di tanah air.
Zona Integritas yang sudah kita semua canangkan tanggal 18 juli 2012 yang lalu hendaknya menjadi tekat seluruh pejabat maupun staf di jajaran Kemenkes termasuk UPT dan Satker di daerah agar bekerja jujur akuntabel dengan integritas tinggi dan bebas kkn.
Pada kesempatan tersebut Menkes meminta agar seluruh jajaran kemenkes membangun reputasi Kemenkes sebaik-baiknya dan meningkatkan kepercayaan publik pada Kemenkes yang sebesar-besarnya.
Menkes juga meminta kepada para pejabat yang baru dilantik agar memberikan komitmen kuat untuk bekerja sebaik-baiknya berpedoman pada kebijakan yang ada termasuk Renstra Kemenkes tahun 2010-2014 agar hasil kerja dapat dipertanggungjawabkan sesuai perencanaan.
Dalam kesempatan berbahagia tersebut Menkes menyampaikan selamat kepada pejabat yang baru dilantik atas pengangkatan dalam jabatan yang baru disertai 6 pesan, pertama agar menjadi pejabat yang memiliki karakter baik, semangat patriotisme tinggi dan nasionalisme kuat serta mampu berperan sebagai perekat bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia; serta sanggup bekerja keras, bekerja cerdas dan mampu melakukan terobosan yang positif, kreatif dan inovatif untuk kepentingan bangsa dan negara; dan mampu memimpin dan menggerakkan reformasi birokrasi di lingkungan kerja masing-masing serta menerapkan budaya kerja keterbukaan, disiplin dan mengubah pola bertahan di comfort zone dengan beralih ke competitive zone.
Selanjutnya agar mewujudkan good governance dalam bekerja bukan hanya berorientasi pada penyerapan anggaran melainkan terutama berorientasi pada manfaat dan dampak positif yang dirasakan masyarakat; agar penandatanganan pakta integritas yang dilaksanakan bersamaan dengan serah terima jabatan dihadapan pimpinan unit utama masing-masing benar-benar akan penuhi bukan sekedar janji . dan yang terakhir agar jabatan yang sekarang dipercayakan ditempatkan sebagai amanah dan senantiasa memberikan yang terbaik bagi kepentingan bangsa dan negara.
Selain itu Menkes juga mengucapkan terima kasih kepada para pejabat yang telah memasuki purna tugas atas pengabdian kepada dan bangsa dan negara, khususnya Kemenkes, kontribusi yang diberikan sangat besar bagi pembangunan kesehatan yang telah, maupun berlangsung sekarang ataupun yang akan datang.
Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: (021) 52907416-9, faksimili: (021) 52921669, Pusat Tanggap Respon Cepat (PTRC): <kode lokal> 500-567 dan 081281562620 (sms), atau e-mail kontak@depkes.go.id