Madinah, 06 Agustus 2017
Jemaah sakit yang di rawat di Klinik Kehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, mendapat pelayanan khusus menu gizi sesuai dengan kebutuhan nutrisi jemaah sakit. Sedangkan kebutuhan nutrisinya diperoleh dari ahli gizi yang bertugas di KKHI.
Menurut penanggung jawab Penunjang Medik KKHI, Ahmad Fahrudin K, pemenuhan kebutuhan gizi untuk jemaah sakit, pengolahannya di KKHI dengan pengawasan langsung dua orang ahli gizi, yakni Ahmad Fahrudin dan Diana Sugihantini.
“Menu yang diberikan kepada jemaah sakit meliputi makan pagi, snack pagi, makan siang, snack sore dan makan malam disesuaikan dengan bahan baku dan cita rasa Indonesia,” jelas Fahrudin.
Menurutnya, pola menu yang diberikan berupa nasi, lauk hewani, lauk nabati, sayur, buah dan minuman. Minumannya dalam bentuk teh, air putih, jus buah dan susu.
Menurut Diana Sugihantini, terpenuhinya kebutuhan gizi dan cita rasa pada jemaah haji sakit, sangat mendukung tingkat kesembuhan pasien yang mendapat perawatan di KKHI Madinah.
“Sebab, pelayanan gizi, merupakan bagian dari pelayanan KKHI dan barometer mutu pelayanan kesehatan,” ujar Diana.
Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, dan alamat email kontak@kemkes.go.id.
Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat
drg. Oscar Primadi, MPH