Arafah, 2 September 2017
Alhamdulillah, layanan kesehatan jemaah haji terus berjalan sesuai dengan rencana, sekalipun dalam kegiatan ibadah Arafah, Musdalifah dan Mina (Armina). Kegiatan pelayanan utama yang menetap yakni Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mina dan Makkah, serta kegiatan mobile di sepanjang lempar jamarat di Mina lancar.
Khusus kegiatan layanan kesehatan mobile yang mengkombinasikan jemput bola dengan menemukan kasus pada tempat tertentu sepanjang jamarat, kemudian melakukan stabilisasi dengan berbagai cara sesuai kondisi kesehatan jemaah, selanjutnya merujuk ke KKHI Mina dan RSAS di wilayah Mina, juga berjalan lancar.
Pada hari ketiga kegiatan pelayanan kesehatan sudah lebih kondusif, karena sebagian jemaah risti sudah membadalkan kepada jemaah lain yang lebih kuat untuk melakukan perjalanan menuju jamarat, sehingga tidak banyak diketemukan jemaah yang kelelahan sepanjang lintasan jamarat. Demikian pula KKHI Mina, juga terlihat lebih lengang, karena kehadiran jemaah haji sakit lebih sedikit dibanding dengan hari sebelumnya.
Kapuskeshaji, Dr.dr. Eka Jusup Singka, MSc mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas terselenggaranya pelayanan kesehatan haji dengan baik. Terimakasih juga kepada kemenag yang telah membantu tempat pelayanan dan tenda-tenda Armina.
Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, dan alamat email kontak@kemkes.go.id.
Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat
drg. Oscar Primadi, MPH